Obat Sakit Kepala di Apotik

Obat Sakit Kepala di Apotik

Obat Sakit Kepala di Apotik – Anda sering merasakan sakit kepala yang berdenyut-denyut? Sulit untuk menyembuhkannya atau tidak tahu apa penyebab dari timbulnya sakit kepala?

Awas, biasanya sakit kepala timbul akibat stress dan kelelahan. Untuk mengatasinya, mungkin Anda sudah biasa menggunakan obat sakit kepala sebagai penghilang rasa sakit.

Tetapi Anda juga harus teliti dalam efek samping yang ditimbulkan oleh obat sakit kepala yang mana biasanya menimbulkan efek kantuk.

Nah berhubungan dengan ini, mungkin kami akan mengulas tentang sakit kepala dan 1 Obat Sakit Kepala di Apotik.

Agar tidak membuang waktu luang Anda, simak langsung saja yu informasinya dibawah ini !

Lantas Apa itu Sakit Kepala’?

Sakit kepala merupakan jenis sakit yang paling umum terjadi dan dialami setiap orang.

Rasa sakit yang ditimbulkan, memang ada yang ringan dan ada yang berat dirasakan. Dan terkadang, rasa sakit tersebut terasa sampai ke kulit kepala dan menjalar kebagian leher.

Sebagian besar, kondisi ini memang dapat bertahan dalam waktu yang singkat dan dapat berlangsung selama berjam-jam atau kadang bisa hilang setelah berhari-hari.


Tahukah Kamu?

Ternyata sakit kepala terbagi dalam beberapa jenis. Berikut adanya jenis-jenis sakit kepala berdasarkan gejalanya antara lain seperti :

a) Sakit kepala tegang (tension headache)

Sakit kepala tegang merupakan kondisi yang paling sering dialami orang-orang. Mereka sering menyebutnya dengan sakit kepala sehari-hari, lantaran hampir semua orang pernah mengalaminya beberapa kali.

Ketika Anda mendapatkan sakit kepala tegang, mungkin akan mengalami sakit kepala sebelah kanan secara konstan.

Dari penyebabnya yang memang belum diketahui, namun sakit kepala tegang ini akan membuat bagian belakang leher dan otot bahu terasa kaku kemudian bisa menyebar ke depan dan belakang mata atau pada rahang Anda mendapatkan tekanan.

b) Migrain

Memang sangat tak asing, migrain ini merupakan serangan sakit kepala sebelah yang diikuti dengan rasa nyeri parah dan sering membuat penderita merasa tidak berdaya.

Rasa sakit yang ditimbulkan dari migrain, memang seperti dihantam oleh benda keras. Jika Anda mengalami kondisi ini, bisa jadi Anda mendapatkan gangguan neurologis turunan akibat ketahanan yang lebih rendah dari rangsangan penyebab migran.

c) Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster, memang tidak jauh seperti migrain yaitu menyebabkan salah satu sisi kepala terasa sakit.  Namun perbedaannya, cluster ini memiliki rasa nyeri yang intens dan terjadi secara tiba-tiba.

Sakit kepala cluster lebih cenderung muncul di area sekitar mata atau muncul di belakang mata.

Selain itu, sakit kepala cluster dapat menyebabkan pupil mengecil, mata memerah, berair dan hidung berair.

d) Sakit kepala sinus

Gejala yang ditimbulkan sakit kepala sinus adalah nyeri secara intens dan konstan di sebelah dahi, batang hidung dan tulang pipi.

Selain itu, sakit kepala sinus hampir memiliki gejala seperti migrain dan disebabkan oleh adanya infeksi virus sepeti flu.

Virus ini akan menyebar kebagian rongga sinus, dari saluran pernapasan atas hingga pada akhirnya akan menyebabkan dinding sinus mengalami peradangan dan membuat hidung Anda tersumbat, demam, telinga berdenging dan tenggorokan sakit.

e) Sakit kepala hormon

Sakit kepala hormon adalah sauatu kondisi yang sering terjadi pada wanita, khusus terjadi saat mendekati atau mengalami siklus menstruasi, menopause, kehamilan dan pil KB.

Meski sakit kepala ini tidak mengancam jiwa seseorang, namun kondisi sakit kepala ini bisa menjadi tanda bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat atau bisa jadi mengalami gejala stroke.

Untuk itu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dengan baik jika Anda mendapatkan beberapa jenis kepala diatas !!


Penyebab Sakit Kepala

Ketika mengetahui gejala yang Anda rasakan, tentu dokter akan menentukan penyebab sakit kepala tersebut dari mana.

Kebanyakan kasus, sakit kepala bukanlah hasil dari penyakit serius, akan tetapi disebabkan oleh kondisi yang bisa mengancam jiwa dan membutukan perawatan medis dengan cepat.

Faktanya, kondisi penyebab sakit kepala terbagi menjadi 2 kelompok, yakni penyebab sakit kepala primer dan sekunder.

A. Penyebab sakit kepala primer

Sakit kepala primer, biasanya disebabkan oleh reseptor nyeri yang terlalu aktif di kepala.

Diperkirakan bahwa ada aktivitas kimia yang berkontraksi di saraf, otak, pembuluh darah di luar tengkorak, otot-otot kepala dan leher.

Itupun terjadi akibat gaya hidup yang kurang baik, lebih jelasnya lagi disebabkan oleh :

  1. Kurang waktu tidur
  2. Stres yang berlebih
  3. Postur tubuh yang kurang baik
  4. Sering melewatkan waktu makan
  5. Mengkonsumsi alkohol atau anggur merah
  6. dan Mengkonsumsi makanan tertentu seperti daging olahan yang mengandung nitrat.

B. Penyebab sakit kepala sekunder

Sedangkan penyebab sakit kepala sekunder ini, biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih serius lagi.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang bisa jadi penyebab sakit kepala sekunder, antara lain seperti :

  1. Gegar otak
  2. Tumor otak
  3. Masalah gigi
  4. Infeksi telinga
  5. Ada gangguan panik
  6. Tekanan darah tinggi
  7. Keracunan karbon monoksida
  8. Influenza dan penyakit demam
  9. Sering mengkonsumsi obat nyeri
  10. Kekurangan oksigen pada saat tidur
  11. Pembengkakan otak akibat penumpukan cairan
  12. Perdarahan dibagian otak atau jaringan tipis yang menutupi ota
  13. Atau terjadi penumpukan tekanan didalam otak atau disebut (pseudomotor cerebri)
  14. Ada masalah dengan pembuluh darah dan perdarahan otak seperti aneurisma otak, arteriovenous malformation (AVM) dan stroke.

Dampak dari Sakit Kepala

Seperti yang dikatakan tadi, sakit kepala adalah rasa sakit yang menyerang dibagian kepala dan setiap orang akan merasakan sakit yang berbeda-beda.

Namun sayangnya, banyak sekali yang tidak memperdulikan sakit kepala ini lantaran sudah terbiasa.

Padahal jika dibiarkan begitu saja, tentu sakit kepala akan menimbulkan dampak lebih serius lagi.

Contohnya seperti sering mual, muntah, sakit kepala semakin menusuk, pingsan, bumi terasa berputar, gangguan penglihatan dan kesulitan bergerak atau bisa jadi lumpuh total.


Ketahui, 5 Makanan Penyembuh Sakit Kepala di bawah ini !!

  • Ikan

Mengapa harus ikan? Lantaran menurut penelitian yang dilakukan oleh Zeev Harel ini berhasil mengungkapkan bahwa remaja yang mengkonsumsi 1,25 gr minyak ikan selama 2 bulan, akan mengalami sakit kepala lebih sedikit dibandingkan mereka yang kurang mengkonsumsi minyak ikan dengan takaran seperti itu.

Bahkan dalam ikan ini terbukti mengandung minyak omega-3 yang mampu mengurangi produksi hormon dalam tubuh yang mana bisa memicu nyeri, sakit kepala dan peradangan.

Untuk mencegah dari sakit kepala, sebaiknya konsumsi ikan sarden dan salmon ya !

  • Kismis

Selain memiliki rasa asam manis menyegarkan, kismis merupakan makanan yang mengandung serat tinggi.

Kandungan ini, ternyata sudah diyakini mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang mana sebagai salah satu penyebab timbulnya sakit kepala.

  • Kentang bakar

Kakurangan elektrolit, ternyata bisa menjadi salah satu penyebab mereka untuk mengalami sakit kepala.

Bahkan dibuktikan oleh seorang ahli gizi New Jersey, Erin Palinski, mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan kaya kalium dapat membantu mengisi ulang elektrolit tubuh Anda.

Dan kentang bakar adalah salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi, hingga mampu memberikan elektrolit yang kurang didalam tubuh.

  • Semangka

Stella Metsovas, seorang ahli gizi di California mengatakan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran kaya air dapat menghilangkan dehidrasi pada tubuh dan memicu sakit kepala.

Salah satu buah yang mengandung banyak air adalah buah semangka. Selain itu, buah semangka juga mengandung nutrisi baik seperti magnesium.

Bukan hanya semangka, Anda juga bisa menemukan kandung air lainnya pada buah melon dan tomat.

  • Roti

Kurangnya kandungan glukos adalam tubuh manusia, sudah pasti dapat menyebabkan peningkatan kebutuhan air dalam tubuh dan mampu menurun energi sehingga tidak bisa disebarkan menuju otak.

Disamping itu, kondisi tersebu mamicu sakt di kepala Anda. Namun dengan mengkonsumsi roti gandum yang berisi karbohidrat tinggi, tentu akan meningkatkan suasana hati Anda serta mampu melepaskan hormon serotanin.

  • Almond

Almond adalah salah satu makanan penyembuh sakit kepala karena mengandung magnesium.

Magnesium inilah yang dapat membantu tubuh, untuk merelaksasikan pembuluh darah dan bisa menyebabkan sakit di bagian kepala menurun.

Selain almond, Anda bisa mendapatkan kandungan magnesium ini pada makanan lain seperti buah pisang dan alpukat.

  • Jamur

Sementara penyebab timbulnya sakit kepala juga bisa disebabkan karena sel darah terganggu.

Sedangkan vitamin B2 atau riboflavin merupakan salah satu nutrisi yang bisa diyakini penting untuk menghasilkan energi sel.

Untuk mendapatkan energi itu, Anda bisa temukan pada jamur. Ia merupakan salah satu jenis sayuran sumber riboflavin.

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, juga mengandung kandungan tersebut sehingga mampu meningkatkan energi penyerapan nutrisi pada makanan lemak, protein dan karbohidrat tinggi.


Cara Mengobati Sakit Kepala

Selain menghilangkan sakit kepala dengan mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga perlu melakukan beberapa hal lain supaya sakit kepala tidak datang kembali secara tiba-tiba.

1. Melakukan relaksasi

Bila Anda sudah terbiasa bermeditasi, mungkin kamu bisa menggunakan teknik meditasi untuk meredakan sakit di kepala. Anda hanya perlu memejamkan mata dan mengatur waktu napas Anda.

Kemudian, bayangkan diri Anda berada di tempat favorit yang terasa nyaman, maka rasa sakit dikepala akan berangsur pulih menghilang.

2. Istirahat di ruang gelap

Bila Anda merasakan kembali rasa sakit kepala dibagian belakang saar beraktivitas, cobalah untuk mencari ruangan atau tempat yang agak gelap agar Anda bisa berbaring sejenak dengan tenang.

3. Kompres

Cara ketiga yaitu dengan melakukan teknik kompres. Teknik ini bisa kamu lakukan ketika mendapatkan sakit kepala dibagian belakang.

Anda bisa menggunakan lap bersih yang dicelupkan pada air panas dan air dingin, kemudian oleskan pada bagian kepala yang terasa sakit.

Pengkompresan dengan air hangat perlu Anda lakukan, karena mampu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan otot-otot yang kaku.

Sedangkan kompres air dingin, akan membantu mengecilkan pembuluh darah yang telah melebar sehingga saraf-saraf sensitif di kepala akan berkurang.

4. Melakukan pijatan

Jika Anda merasakan sakit kepala di belakang, Anda bisa mencoba memijatnya dengan menggunakan jari telunjuk atau ibu jari.

Lakukan cara ini selama 7-15 detik, untuk mengendurkan otot-otot yang tegang dan ulangi beberapa kali agar rasa sakit dapat berkurang.

5. Mengkonsumsi air

Seperti yang kita ketahui, ketika tubuh mengalami dehidrasi itu tandanya tubuh kekurangan asupan air. Maka dari itulah, perbanyaklah konsumsi segelas
air putih untuk meringankan rasa sakit kepala.

Tips diatas memang perlu Anda lakukan, namun Anda juga perlu obat untuk menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat.


1 Obat Sakit Kepala yang terkenal dan banyak sekali mereka cari adalah PANADOL EXTRA.

PANADOL EXTRA

PANADOL EXTRA merupakan obat yang khusus digunakan untuk meredakan nyeri atau sakit kepala dan demam tinggi.

Tak hanya di jual di Apotik, PANADOL EXTRA juga banyak dijumpai dipasaran lain dan memiliki harga yang sungguh terjangkau yaitu Rp 11.022,- / Strip (khusus kemasan PANADOL EXTRA TAB 10’S MERAH).

Bisa menghilangkan rasa sakit di kepala, karena PANADOL EXTRA mengandung caffeine 65 mg dan acetaminophen 500 mg yang memiliki aktivitas sebagai antipiretik atau penurun demam dan analgesik sebagai pereda nyeri dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin.

Apa itu Prostaglandin? Prostaglandin adalah zat yang dapat memicu nyeri atau demam di hipotalamus sehingga mampu meningkatkan pelepasan panas agar suhu tubuh bisa tetap normal.


Selain PANADOL EXTRA, Anda bisa menggunakan obat lainnya sebagai pereda sakit kepala. Antara lain seperti :

  • PANADOL COLD FLU

Berbeda dengan PANADOL EXTRA, PANADOL COLD FLU mampu menurunkan gejala flu seperti hidung tersumbat, demam, sakit kepala dan bersin-bersin yang disertai dengan batuk jering.

Dalam 5 gram PANADOL COLD FLU ternyata mengandung zat-zat aktif seperti Paracetamol (Acetaminophen), Dextrometahunorphan HBr dan Pseudoephedrin, yang mana masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Lantaran obat ini bisa menyembuhkan sakit kepala juga, Anda bisa mengkonsumsi PANADOL COLD FLU sebanyak 1 kaplet tiap 4-6 jam sekali setelah makan dan gunakan maximal 8 kaplet.

Untuk harga PANADOL COLD FLU REG TAB 10S HIJAU di Apotik, biasanya dibandrol dengan harga Rp 12.716,- / Blister.


  • IBUPROFEN

IBUPROFEN adalah obat sakit kepala selanjutnya, yang berkomposisikan Ibuprofen sebanyak 400 mg. Dengan begitu, obat ini bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi, nyeri otot, sakit gigi, sakit setelah operasi dan sakit saat haid.

Apabila Anda sering merasakan sakit di kepala, segera beli IBUPROFEN dan konsumsilah 1-2 tablet 3 kali sehari. Namun jika anak Anda yang mengalami ini, berikan 20 mg/kg berat badan/hari dibagi menjadi beberapa kali pemberian.

Jik Anda berminat untuk membeli obat ini, segera kunjung Apotik terdekat Anda dan untuk kemasan IBUPROFEN 400MG TAB biasanya hanya memerlukan budget sebesar Rp 533,- / Tablet.


  • INTUNAL-F

INTUNAL-F adalah obat yang mengandung zat-zat aktif dan digunakan untuk meringankan gejala flu lainnya seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat, bersin-bersin dan batuk.

Lantaran INTUNAL-F mengandung Paracetamol (Acetaminophen), tentu secara analgesik ia akan meredakan sakit kepala dengan cepat.

Bila Anda berminat untuk menggunakan obat ini, cobalah untuk mengkonsumsinya sebanyak 1-2 tablt 3-4 kali sehari dan anak 1/2 tablet 3-4 kali sehari sesudah makan.

INTUNAL F TAB 4’S terjual di Apotik dengan kisaran harga Rp 3.863,- / Strip.


  • PARATUSIN

Tak jauh beda dengan PARATUSIN, ia juga mengandung zat paracetamol 500mg, noscapine 10 mg, phenylpropanolamin hcl 15mg, guafinesin 50 mg dan ctm 2 mg yang mampu menurunkan gejala flu salah satunya sakit kepala.

Sakit kepala Anda kambuh kembali? Jangan menyerah teman, tapi cobalah untuk mengkonsumsi PARATUSIN sebanyak 1 tablet 3 kali sehari dan untuk umur 6-12 tahun dikonsumsi 1/2 tablet saja.

Berapa harga obat PARATUSIN? Untuk kemasan PARATUSIN TAB 10’S biasanya dijual dengan kisaran harga Rp 13.387,- / Strip.

Sedangkan untuk kemasan syirup PARATUSIN kemasan 60ML terjual dengan harga Rp 31.705,- / Botol.


  • DECOLGEN

Obat sakit kepala selanjutnya adalah DECOLGEN. DECOLGEN adalah obat yang sama memiliki khasiat untuk bisa meringankan gejala flu yaitu batuk, bersin-bersin, sakit kepala, demam dan hidung tersumbat.

Bila Anda ingin menghilangkan sakit di kepala, Anda bisa langsung mengkonsumsi DECOLGEN sebanyak 1 tablet 3 kali sehari sesudah makan.

DECOLGEN TAB STR 4’S memang terbukti mampu menyelesaikan masalah sakit kepala serta memiliki harga murah meriah yaitu Rp 2.130,- / Strip.

Bukan hanya DECOLGEN saja yang bisa mengurangi gejala flu seperti sakit kepala, Anda bisa menggunakan merek obat yang sama seperti :

  1. DECOLSIN CAP STR 4’S terjual dengan harga Rp 2.845,- / Strip
  2. PARAMEX FLU BATUK 4S terjual dengan harga Rp 2.270,- / Strip
  3. PARAMEX TAB STR 4’S terjual dengan harga Rp 2.382,- / Strip
  4. ULTRAFLU STR 4’S terjual dengan harga Rp 3.361,- / Strip
  5. PROCOLD TAB STR 6S terjual dengan harga Rp 3.306,- / Strip

  • TRANSPULMIN BABY BALSAM

TRANSPULMIN BABY BALSAM adalah gosok khusus bayi dibawah umur 2 tahun yang terbuat dari esktrak bahan alami sehingga mampu meredakan sakit perut, sakit kepala, hidung tersumbat dan nyeri punggung pada bayi.

Lantaran mengandung ekstrak eukaliptol 10 mg dan camomile 7.74 mg, menjadikan TRANSPULMIN BABY BALSAM dapat menghangatkan badan si bayi, melawan infeksi bakteri, mengatasi gangguan tidur, meredakan pernapasan yang mampet dan memberi efek hangat pada tubuh si kecil.

Bila Anda mempunyai buah hati yang sedang sakit akibat sakit kepala, cobalah untuk menggosokan TRANSPULMIN BABY BALSAM ini sesuai kebutuhan si bayi.

Anda berminat untuk membeli obat TRANSPULMIN BABY BALSAM? Segera kunjungi Apotik terdekat dan tiap kemasan 10 gram, biasanya TRANSPULMIN BABY BALSAM ini terjual dengan harga Rp 54.120,- / Tube.


  • FLUDANE

FLUDANE adalah obat yang sama mengandung Paracetamol, chlorpheniramine maleate dan phenylpropanolamine HCl, sehingga dapat dijadikan Pengobatan simptomatik flu seperti sakit kepala, kongesti nafas, bersin dan demam.

Sakit kepala Anda cenat-cenut? Konsumsi Pengobatan simptomatik FLUDANE ini sebanyak 1 tablet 3 kali dalam sehari dan khusus untuk anak 6-1/2 tahun digunakan 1/2 kaplet 3 kali sehari yang dikonsumsi bersama makanan.

FLUDANE TAB 4S biasanya terjual dengan harga Rp 4.187,- / Strip.


  • BAMBOO FOOT PATCH GOLD

BAMBOO FOOT PATCH GOLD merupakan jenis perawatan tradisional Jepang dengan cara menitikberatkan pada bagian-bagian telapak kaki yang berkaitan dengan organ penting didalam tubuh manusia.

BAMBOO FOOT PATCH GOLD memang sudah diaplikasina perkembangannya melalui ilmu kedokteran oriental, sehingga sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, memberii efek body slimming, membuang lemak berlebih, serta mampu mengurangi nyeri dibagian sendi, kepala, telapak kaki, tumur, ginjal atau bisa mengurangi gejala akibat diabetes melitus, asam urat, insomnia dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Adapun cara pemakiaan untuk menggunakan BAMBOO FOOT PATCH GOLD ini, Anda bisa menggunakannya selama 7-14 hari berturut-turut dan lanjutkan dengan seminggu 2 kali untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ingin sembuh dari sakit kepala? Cobain deh BAMBOO FOOT PATCH GOLD dan beli di Apotik terdekat Anda karena harganya sangat murah meriah yaitu Rp 15.070,- / Pcs.


  • BODREX MIGRA

BODREX MIGRA merupakan obat yang dapat membantu meringankan rasa sakit akibat migrain.

Jika Anda mengalami sakit kepala akibat migrain, coba deh konsumsi BODREX MIGRA sebanyak 1 kaplet 3 kali dalam sehari yang dikonsumsi setelah makan.

Selain cepat meredakan sakit kepala, BODREX MIGRA juga sangat mudah dicari dan biasanya memiliki harga jual beli sebesar Rp 2.166,- / Strip.


  • PARACETAMOL BERNOFARM

PARACETAMOL BERNOFARM adalah obat yang mengandung Paracetamol 500mg hingga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, menurunkan demam, mial gia dan mengobati sakit kepala.

Jika kamu merasa sakit kepala itu kembali, segera konsumsi PARACETAMOL BERNOFARM sebanyak 1 tablet 3-4 kali sehari sesudah makan.

Tiap harga PARACETAMOL BERNOFARM 500MG TAB biasanya dibandrol dengan harga Rp 2.266,- / Strip.


Itulah uraian Obat Sakit Kepala yang ada di Apotik, semoga cepat sembuh dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya 🙂

CARI OBAT SAKIT KEPALA ALAMI DI APOTIK??

Posted by : TamilServices.com

Konsultasikan Disini!!