Obat Penghancur Batu Empedu di Apotik

Obat Penghancur Batu Empedu di Apotik – Kulit dan bagian putih mata Anda menjadi pucat kekuningan? Bisa jadi kamu mengalami penyakit kuning yang mana disebabkana akibat adanya batu empedu.

Mengapa bisa seperti itu? Apa itu batu empedu? Apakah ada obat yang bisa mengatasi masalah tersebut?

Jangan resah kawan, pada kali ini kami kembali untuk memberikan sebuah informasi penting seputar batu empedu dan 1 Obat Penghancur Batu Empedu yang banyak di rekomendasikan para ahli.

Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini ya dan selamat membaca 🙂

Obat Penghancur Batu Empedu di Apotik

Apa itu Batu Empedu’?

Batu empedu merupakan suatu masalah yang di kondisikan adanya gumpalan pada kristal atau material padat yang terbentuk dalam kandung empedu.

Kandung empedu sendiri memiliki bentuk seperti buah pir yang terletak dibawah hati dan berfungsi untuk membantu tubuh dalam mencerna lemak, dengan cara menyimpan dan melepaskan empedu ke bagian usus kecil.

Selain itu, empedu juga bertugas untuk bisa menghilangkan kolesterol dalam tubuh. Berhubungan dengan adanya batu empedu, biasanya material ini akan terjadi ketika saluran empedu atau kandung empedu tersumbat.

Dan batu empedu pun, akan tersusun dari campuran senyawa tertentu ataupun kolesterol. Sebenarnya, untuk ukuran batu empedu ini pada setiap orangnya berbeda-beda.

Beberapa orang mungkin memiliki batu empedu yang hanya berukuran seperti butiran pasir saja, namun beberapa kasus lainnya juga ditemukan material sebesar bola golf.

Tak hanya itu, tiap orang juga memiliki jumlah batu yang terbentuk bermacam-macam. Ada yang terbentuk satu buah material dan ada yang terbentuk dalam jumlah yang banyak, sehingga mereka dapat menyebabkan rasa nyeri dan efek berbahaya bagi tubuh penderita.


Ada dua jenis batu empedu yang terbentuk, di antaraya seperti :

1) Batu pigmen

Batu pigmen ini biasanya akan terbentuk dengan warna cokelat tua dan hitam karena mengandung bilirubin yang berlebih.

2) Batu kolesterol

Sedangkan batu kolesterol ini adalah batu empedu yang paling umum terjadi, karena terbentuk dari sekumpulan kolesterol yang tidak dapat dicerna dan beberapa senyawa lainnya hingga ia memiliki warna kekuningan.


TAHUKAH ANDA?

Batu empedu sendiri merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi.

Masalah ini bianya sering terjadi pasa orang yang memiliki berat badan berlebih, orang tua dan wanita.

Mengapa harus wanita? Lantaran wanita lebih terpengaruhi oleh hormon estrogen, yang dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam empedu dan mampu menurunkan konstraksi kandung empedu untuk bisa mengosongkan empedu.

Bahkan dalam banyak kasus ini, lebih sering ditemukan pada penduduk asli Amerika yaitu di Meksiko.

Meskipun begitu, Anda perlu menghindari penyakit batu empedu karena bisa terjadi dari beberapa faktor risiko. Dengan begitu, konsultasikan dengan ahlinya untuk informasi lebih lanjut.


Faktor Risiko Batu Empedu

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan Anda untuk bisa terkena batu empedu, ialah :

a) Usia

Seiring usia seseorang akan semakin bertambah, tentu tubuh akan mudah terserang penyakit terlebih dari masala  batu empedu ini. Biasanya, batu empedu ini akan umum di alami oleh mereka yang berusia 40 tahun.

b) Jenis kelamin

Seperti yang disebutkan tadi, bahwa wanita akan lebih terkena penyakit batu empedu lebih tinggi dibandingkan pria lantaran dipengaruhi hormon testoteron.

c) Dampak melahirkan

Wanita hamil bisa mengalami risiko ini, lantaran dapat meningkatkan kadar kolesterol akibat hormon estrogen mengalami perubahan pada saat kehamilan.

d) pengaruh berat badan

Sedangkan mereka yang memiliki kelebihan berat badan, obesitas atau berat badan turun secara drastis tentu akan mudah mengalami risiko penyakit batu empedu.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak, kolesterol, rendah serat dan malas melakukan aktivitas apapun juga merupakan faktor lainnya yang bisa memicu Anda terkena penyakt ini.


Penyebab Batu Empedu

Selain disebabkan oleh faktor diatas, batu empedu juga terjadi oleh beberapa kondisi seperti :

1. Kantong empedu kelebihan kolesterol

Kantong empedu memang berisi kolesterol dan dipecah kemudian di keluarkan dari hati.

Namun jika hati ini mengeluarkan zat kolesterol lebih banyak dari yang dipecah oleh kantong empedu, tentu kolesterol akan mudah mengkristal dan bisa menjadi batu di kantung empedu.

2. Cairan emepdu mengandung bilirubin berlebihan

Apa itu bilirubin? Bilirubin adalah kandungan hasil pemecahan sel darah merah. Sedangkan beberapa penyakit seperti infeksi bilier dan sirosis, akan menyebabkan hati untuk terus memproduksi zat bilirubin lebih banyak.

Padahal jika bilirubin ini di produksi secara berlebihan, tentu akan menyebabkan terbentuknya batu empedu.

3) Kantong empedu tidak dapat kosong secara sempurna

Kondisi ini memang secara alami tidak bisa kita perhatikan sedetail mungkin, hingga bila kondisi ini terjadi tentu akan membuat cairan empedu menjadi lebih pekat, mengeras dan bisa membentuk batu empedu.


Gejala dan Tanda Batu Empedu

Secara umum, batu empedu ini tidak menyebabkan penyakit. Namun, gejala yang ditimbulkan akan datang ketika menyumbat saluran kantong empedu atau saluran pencernaan lainnya.

Gejala yang biasa dirasakan adalah sakit perut secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya disebut dengan bilier dan kolik.

Rasa sakit ini memang akan menyebar kebagian perut atas tengah, kanan perut, sisi tubuh sampai ke tulang belikat.

Sehingga gejala batu emepdu ini akan memilki tanda yang kurang lebih seperti ini, misalnya :

  1. Dapat muncul kapan saja
  2. Berlangsung selama beberapa menit atau berjam-jam
  3. Rasa sakit tidak akan berkurang meski penderita suda mual, muntah dan kentut
  4. Frekuensi akan muncul ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan lemak tinggi.

Sementara gejala yang ditimbulkan setelah batu empedu menyumbat salah satu pencernaan, biasanya mereka akan mendapatkan gejala seperti :

  1. Diare
  2. Linglung
  3. Sakit kuning
  4. Demam tinggi
  5. Mual dan muntah
  6. Nafsu makan hilang
  7. Kulit terasa gatal-gatal
  8. Detak jantung semakin cepat
  9. Terasa sakit dibagian pundak
  10. Sakit dibagian perut secara terus meneruh

Bahaya dan Komplikasi dari Batu Empedu

Kehadiran batu empedu bukan hanya menyebabkan saluran empedu mengalami penyumbatan dan pindah ke dalam sistem pencernaan.

Namun juga akan menimbulkan beberapa komplikasi serius seperti :

a) Radang kantung empedu akut

Radang kantung empedu akut atau kolesistitis ini, terjadi ketika cairan empedu mengalami penumpukan di dalam kantong empedu lantaran ada batu empedu yang bisa menyumbat saluran keluarnya cairan tersebut.

Demam tinggi, sakit perut atas yang menjalar ke tulang belikat, serta detak jantung semakin cepat adalah gejala yang akan muncul ketika Anda mengalami kondisi ini.

b) Abses kantung empedu

Abses atau nanah ini akan muncul ketika kantong empedu mendapatkan infeksi yang parah. Sehingga perlu melakukan penanganan seperti melakukan penyedotan nanah.

c) Peritonitis

Peritonitis adalah suatu kondisi dimana lapisan perut dalam mengalami peradangan, yang disebabkan akibat pecahnya kantong empedu mengalami peradangan parah.

Jika kalian mengalami komplikasi ini, tak hanya harus diinfus antibiotik saja namun perlu diangkat melalui operasi.

d) Saluran empedu menyumbat

Kondisi ini memang paling rentan terjadi, namun akibatnya akan menjadi fatal lantaran bisa terserang bakteri yang menyebabkan infeksi atau disebut kolangitis akut.

Sehingga menyebabkan penderita mengalami demam tinggi, sakit kuning, linglung, gatal, meriang, sakit perut dibagian atas dan menjarak ke tulang belikat.

e) Pankreatitis akut

Pankreatitis akut adalah salah satu komplikasi yang terjadi ketika batu empedu keluar dan menyumbat saluran pankreas.

Kondisi ini, tentu akan menyebabkan perut bagian tengah terasa sakit dan bisa bertambah parah dan menjalar ke bagian punggung setelah mengkonsumsi makanan.

f) Kanker kantung empedu

Komplikasi selanjutnya adalah kanker kantung empedu. Risiko ini memang akan rentan terjadi ketika Anda mengalami penyakit batu empedu.

Meski bahaya ini jarang terjadi bahkan orang yang berisiko tinggi akibat faktor keturunan, namun Anda juga harus berhati-hati untuk bisa mencegah masalah ini ke tahap kanker.

Karena selain membahayakan diri Anda, kondisi akan membuat Anda mengalami demam tinggi, sakit perut dan sakit kuning hingga untuk menyembuhkannya harus melakukan radioterapi atau kemoterapi.


Makanan Sehat untuk Batu Empedu

Kantong empedu, memang dapat mengalirkan cairan empedu yang di produksi oleh hati ke bagian usus kecil hingga bisa membantu mencerna makanan terutama makanan lemak.

Nah ketika kadar lemak atau kolesterol ini terlalu banyak, tentu akan menumpuk dan bisa menyumbat saluran empedu.

Kondisi ini memang dikatakan tidak baik, lantaran bisa menghambat aktivitas harian Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus mengkonsumsi makanan sehat sebagai pendukung kesehatan kantong empedu. Apa saja makanan yang bisa menyembuhkan masalah ini?

Berikut adalah daftar makanan sehat untuk penderita batu empedu :

  • Sayur dan buah

Kedua makanan ini adalah makanan penting karena bebas dari lemak jahat. Buah dan sayur memang mengandung antioksidan, mineral dan vitamin yang penting bagi tubuh terutama pasien batu empedu.

Buah jeruk, stroberi, pepaya dan jamur inilah makanan pilihan mereka karena mangandung kalsium, vitamin B dan C yang sangat membantu penyembuhan batu empedu.

Namun ingat ya, sebelum kalian mengolah atau mengkonsumsinya utamakan cuci terlebih dahulu kemudian olahlah dengan cara direbus, panggang atau dikukus ketika sayuran menjadi makanan sehat Anda.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, sereal dan roti memang mengandung rendah lemak, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh pasien batu empedu.

Sementara untuk kacang-kacangan yaitu walnut atau almond bisa kamu konsumsi untuk dijadikan makanan sehat batu empedu.

Makan tempe dan tahu juga merupakan makanan sederhana yang terbuat dari kacang kedelai dan gampang diolah untuk dikonsumsi penderita batu empedu.

  • Susu bebas lemak

Kebanyakan orang yang melakukan diet, akan disarankan mengkonsumsi lemak sebanyak 30% saja.

Nah untuk mereka yang mengalami batu empedu, seharusnya mengkonsumsi makanan lemak dengan angka total seperti itu dan tidak lebih.

Jadi jika Anda mengindap penyakit empedu, Anda wajib memperhatikan mengkonsumsi makanan lemak. Bila Anda pencinta susu atau olahan susu, pilihlah susu yang rendah lemak.

  • Daging tanpa lemak

Selain susu, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak bisa kamu temukan pada daging ayamtanpa kulit atau ikan segar yang beku.

  • Makanan manis

Makanan ini memang hampir menyukainya. Es buah, es krim, yogurt adalah makanan manis sehat yang bisa kamu konsumsi. Tapi ingat batasi ya untuk mencegah asupan kalori berlebih.


Cara Meluruhkan Batu Empedu

Mengubah pola makanan serta menurunkan berat badan, sepatutnya mereka harus dilakukan untuk bisa mencegah terbentuknya batu empedu kembali.

Seperti yang kita ketahui, bahwa batu empedu ini terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu.

Oleh sebab itulah, penting sekali jika Anda menerapkan pola makanan sehat yang seimbang.

Tak hanya itu saja, mengobati masalah batu empedu ini memang perlu bantuan medis seperti mengkonsumsi obat-obatan untuk membantu meluruhkan material yang terbentuk dan menyumbat di saluran empedu.

Ini dia : 1 Obat Penghancur Batu Empedu yang terbilang mujarab dan bisa kamu beli di Apotik adalah URDAFALK.

URDAFALK

URDAFALK adalah obat dengan kandungan Asam ursodeoksikolat atau Ursodeoxycholic acid (UDCA, ursodiol).

Kandungan ini pada dasarnya merupakan salah satu jenis asam empedu yang dihasilkan oleh bakteri didalam saluran pencernaan.

Gunanya asam ursodeoksikolat untuk bisa membantu pasien yaitu menurunkan kadar kolesterol yang dihasilkan oleh hati.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kadar kolesterol yang lebih dan masuk ke dalam kantung empedu bisa menyebabkan terbentuknya batu empedu.

Namun dengan kehadiran asam ursodeoksikolat, tentu sangat membantu pasien untuk bisa meluruhkan material-material yang sudah terbentuk didalam kantung empedu.

Lebih deatailnya lagi, kandungan Asam ursodeoksikola atau Ursodeoxycholic acid ini memiliki manfaat lain seperti :

  1. Mampu menghancurkan batu empedu yang berdiameter tidak lebih dari 20mm
  2. Mencegah dan mangatasi risiko pasien ketika melakukan pengangkatan batu empedu
  3. Mengatasi penyakit autoimun seperti sirosis bilier primer akibat saluran empedu rusak
  4. Melancarkan aliran empedu yang terhambat atau hepatitis kolestatis
  5. dan Mencegah penyakit hati atau empedu akibat fibrosis sistik yang sering terjadi pada anak-anak.

Jika Anda atau anak Anda mengalami masalah terhadap adanya batu empedu, Anda bisa konsumsi obat ini sebanyak 1 tablet 2 kali sehari yang dikonsumsi bersama makanan.

Efek samping :

  • Kelalahan
  • Ruam kuli
  • Kulit kering
  • Sakit kepala
  • Kulit melepuh
  • Sakit punggung
  • Kerontokan rambut
  • Cemas dan depresi
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan saluran kemih
  • Batuk dan bersin-bersin
  • Nyeri otot dan nyeri sendi
  • Gangguan tidur atau insomnia
  • Kolesistitis (peradangan kantung empedu)
  • Gangguan saluran pernapasan (sinusitis, faringitis, bronkitis)

Harga : Tiap kemasan URDAFALK 250MG CAP, biasanya dibandrol dengan harga Rp 13.269,- / Tablet (1 Dos isi 6 Strip x 5 Tablet).


Selai mengkonsumsi obat di atas, Anda juga bisa membantu menghancurkan serta meluruhkan batu empedu dengan obat lainnya seperti :

DAFTAR OBAT PENGHANCUR BATU EMPEDU DI APOTIK

  1. ESTAZOR
  2. URDEX
  3. LOFIBRA
  4. FENAVEL
  5. PROCOLIC
  6. DEOLIT
  7. URDAHEX
  8. URSOCHOL

ESTAZOR

ESTAZOR adalah obat yang mengandung Ursodeoxycholic acid atau Asam ursodeoksikolat, sehingga bisa digunakan untuk terapi batu empedu dan hepatitis.

Seperti yang kita ketahui, bahwa dengan adanya asam tersebut tentu akan berpotensi untuk bisa mengurangi kejenuhan asam empedu hingga bisa menekan pembentukan batu kolesterol dan memperbaiki gangguan aliran asam empedu.

Jika Anda salah satu penderita batu empedu, Anda bisa mengkonsumsi obat ini sebanyak 8-9mg/kgBB/hari yang dibagi dalam 2-3 dosis.

Tiap kemasan ESTAZOR 250MG TAB 30S di Apotik biasanya dibandrol dengan harga Rp 11.899,- / Tablet.


URDEX

URDEX juga mengandung komposisi yang sama yaitu Ursodeoxycholic acid atau asam ursodeoksikolat, sehingga mampu menghancurkan dan meluruhkan batu empedu sebesar 20 mm.

Selain itu, URDEX ini mampu mengobati penyakit hati kolestatik, kolesistektomi dan penyakit hati lainnya yang disebabkan adanya batu empedu.

Untuk dosis yang diperlukan pada pasien batu empedu, biasanya medis menyarankan Anda untuk mengkonsumsi 8-10 mg/kg BB/hari yang terbagi dalam 2-3 dosis atau konsumsi 250 mg pada pagi dan sore hari.

Tiap harga URDEX 250MG CAP 30S biasanya terjual dengan harga Rp 9.799,- / Tablet (1 Dos isi 5 Strip x 6 Tablet).


LOFIBRA

LOFIBRA merupakan obat tablet yang mengandung zat aktif Ursodeoxycholic acid. Obat ini adalah obat terbaru yang didistribusikan, untuk pengobatan batu empedu tembus sinar-X dengan diameter kurang dari 20 mm.

Adapun dosis yang lazim kamu konsumi adalah 250 mg 2 kali/hari pada pagi dan sore hari. Dalam tiap kemasan LOFIBRA TAB 30S, biasanya dibandrol dengan harga Rp 0,- / Tablet (1 Dos isi 3 Strip x 10 Tablet).


FENAVEL

FENAVEL adalah obat yang berkomposisi Diclofenac Na 50 mg, sehingga mampu mengurangi gangguan inflamasi ketika melakukan pasca operasi pengangkatan batu empedu.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, Anda bisa mengkonsumsi 50 mg 23 kali sehari atau 75100 mg perhari.

Tiap-tiap kemasan FENAVEL 50MG TAB 50S, biasanya dibandrol dengan harga Rp 2.323,- / Tablet (1 Dos isi 5 Blister x 10 Tablet).


PROCOLIC

PROCOLIC adalah obat yang mengandung skopolamin bromobutilat 10mg dan metampiron 250mg, untuk mengurangi rasa nyeri pada saluran empedu akibat adanya batu empedu.

Selain itu, obat ini juga mampu meredakan nyeri tajam pada saluran ginjal atau saluran kencing akibat kolik ginjal.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda hanya perlu mengkonsusi 1-2 tablet sebanyak 3 kali dalam sehari.

Berapa harga obat ini? Dalam kemasan PROCOLIC TAB di Apotik dibandrol dengan harga Rp 3.100,- / Tablet.


DEOLIT

DEOLIT adalah obat yang mengandung Asam ursodeoxycholat, sehingga dapat mengurangi kejenuhan asam empedu yang mana bisa membentuk batu kolesterol pada saluran empedu.

Disamping itu, obat ini juga mampu menghambat penyerapan kolesterol pada usus dan seksresi kolesterol dari hati.

Berapa harga DEOLIT di Apotik? Untuk kemasan DEOLIT 250MG CAP 30S, biasanya dibandrol dengan harga Rp 11.899,- / Tablet dan Anda hanya perlu mengkonsumsi 1 tablet 2 kali sehari yang diberikan bersama makanan.


URDAHEX

URDAHEX adalah obat yang digunakan untuk melarutkan batu empedu kolesterol dan bisa digunakan sebagai terapi sirosis bilier primer (peyakit autoimun yang menyebabkan saluran empedu rusak).

Selain itu, obat ini juga mampu mencegah pembentukan batu empedu kembali pada mereka yang mengalami penurunan berat badan dengan cepat.

Berapa dosis yang disarankan? Biasanyak Anda hanya mengkonsumsi 8-10 mg/kg berat badan sebanyak 2-3 kali sehari dan digunakan minimal 3 bulan.

Tiap kemasan URDAHEX 250 MG BOX 30 KAPSUL di Apotik biasanya terjual dengan harga Rp. 345.000,- dan URDAHEX 250 MG STRIP 10 KAPSUL dibandrol dengan harga Rp. 115.000,-.


URSOCHOL

Tak jauh dengan obat satu ini yaitu URSOCHOL, ia juga mampu melarutkan batu empedu kolesterol dengan cepat, sirosis bilier primer dan bisa mencegah pembentukan batu empedu pada seseorang yang mengalami penurunan berat badan.

Dosis yang dianjurkan untuk obat URSOCHOL, sama dengan obat URDAHEX yaitu 8-10 mg/kg berat badan sebanyak 2-3 kali sehari dan digunakan minimal 3 bulan.

Tiap harga kemasan URSOCHOL 300 MG TABLET, dibandrol dengan harga Rp. 12.510,-.


Itulah 1 Obat Penghancur Batu Empedu dan Obat Batu Empedu lainnya yang bisa kamu temukan di Apotik untuk membantu meluruhkan batu empedu. Semoga bisa membantu dan lekas sembut, Amiinn 🙂

Posted by : TamilServices.com

Konsultasikan Disini!!