Obat Mimisan di Apotik

Obat Mimisan di Apotik – Apakah kamu pernah mimisan? Mungkin hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya mimisan, setidaknya sekali atau dua kali seumur hidupnya.

Apakah mimisan itu berbahaya? Lantas, bagaimana cara mengobatinya? Apakah ada obat untuk menghentikan mimisan ini?

Tenang saja kawan, TamilServices.com kali ini akan membahas Obat Mimisan yang bisa kamu beli di Apotik terdekat Anda.

Tapi sebelum kami membocorkan itu semua, lebih baik cari tahu dulu yuk fakta-fakta tentang Mimisan ! Let’s go..

Obat Mimisan di Apotik

Apa itu Mimisan’?

Mimisan adalah salah satu kondisi yang sering disepelekan, karena mereka menganggap bahwa mimisan itu terjadi hanya karena tubuh kita sering kepanasan. Makanya, darah lebih mudah keluar dari hidung.

Menurut kalian, mungkin hal ini sangat tak asing lagi untuk didengar. Padahal, mimisan ini bisa terjadi akibat beberapa hal bahkan penyebabnya bisa dari ringan menjadi kondisi yang lebih serius.

Disamping itu, mimisan ini akan terjadi pada siapapun dan tak mengenal umur alias anak-anak, orang dewasa dan ibu hamil dapat mengalaminya.

Lalu, sebenarnya apa sih mimisan itu?

Mimisan adalah suatu perdarahan dari dalam bagian hidung. Ketika darah keluar dari hidung, biasanya Anda akan menyumbatnya dengan kain kafas dan hal itu sering disebut epistaksis.

Saat seseorang mengalami mimisan, mungkin kebanyakan orang akan merasa takut dan dibilang berbahaya meskipun lebih dianggap sebagai gangguan yang kecil.

Perlu kamu ketahui, mimisan ini terbagi kedalam dua jenis yakni anterior dan posterior.

  • Mimisan anterios : perdarahan yang paling umum terjadi dan terjadi di pembuluh darah bagian depan hidung. Biasanya kondisi ini lebih mudah terkontrol.
  • Mimisan posterior : perdarahan yang terjadi di pembuluh darah bagin belakang hidung. Kondisi ini biasanya ada kaitannya dengan tekanan darah tinggi, sehingga membutuhkan perawatan yang khusus.

Ketahui, 4 Penyebab Mimisan Yang Sering Kamu sepelekan

Pada dasarnya, mengetahui apa penyebab Anda bisa mimisan itu penting agar bisa cepat memutuskan apakah kondisi yang dialami itu masih bisa disembuhkan dengan diri sendiri atau memerlukan penanganan medis.

Dari penyakit terkait, memang keluarnya darah dari hidung ini akan sedikit membuat Anda panik.

Perlu kamu ketahui juga, ada beberapa hal yang sering kamu sepelekan dan mana hal itu bisa membuat Anda mengalami mimisan. Berikut adalah 4 penyebab mimisan yang sering disepelekan, antara lain :

1) Sering mengupil

Hayo, siapa yang suka iseng mengupil pakai jari? Meski perlakuan ini akan membuat hidung Anda menjadi lebih nyaman dan tidak terganggu, tetapi kebiasan buruk ini akan membuat Anda mengalami mimisan.

Apalagi, jika yang dilakukan itu dengan jari yang kukunya panjang. Bila Anda sering mengorek hidung dengan kuku yang panjang, tentu akan menggores lapisan dinding dalam hidung.

Konon, lapisan dinding hidung ini sangat tipis dan bila tergoresi akan mengenai pembuluh darah diatasnya sehingga Anda mengalami mimisan.

2) Udara kering

Hidung adalah salah satu organ yang memiliki pembuluh darah sensitif. Bila disekitar hidung udaranya kering, tentu dapat menyebabkan lapisan hidung ikut mengering, retak dan akhirnya hidung akan mengeluarkan darah.

Disamping itu, perubahan suhu dari lingkungan luar yang lembap ke dalam rumah justru lebih hangat dan kering sehingga membuat hidung Anda menjadi lebih rentan mengalami mimisan.

Bila Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya siasati udara lingkungan yang kering dengan menyetel humidifier di dalam ruangan Anda.

3) Obat pengencer darah

Sering menggunakan obat pengencer darah seperti aspirin atau ibuprofen ini, memang memiliki efek samping yang dapat mengencerkan darah.

Dan obat- obatan tersebut akan bekerja, untuk mencegah pembekuan darah dan menyebabkan Anda mudah mimisan yang mana kadang sering sulit untuk dihentikan.

Bila Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya konsultsikan dengan dokter dan mintalah resep jenis obat supaya Anda tidka mengalami mimisan lagi.

4) Adanya penyakit tertentu

Menurut medis, adanya banyak kondisi atau penyakit yang dapat membuat Anda mengalami sering mimisan. Berikut diantaranya seperti :

  • Alergi
  • Sinusitis
  • Hipertensi
  • Pilek atau flu
  • Penyakit ginjal
  • Kecanduan alkohol
  • Penyakit hati atau liver
  • Adanya kanker di hidung, limfoma, leukimia dan tenggorokan/karsinoma nasofaring.

Penyebab Mimisan Berdasarkan Jenisnya

a) Mimisan anterior

Mimisan anterior biasanya terjadi pada ana kecil sekitar usia 2-10 tahun dan sering disebabkan akibat beberapa hal seperti :

  • Sinusitis
  • Demam atau alergi
  • Ada cedera pada hidung
  • Sering berada di dataran tinggi
  • Bentuk hidung yang bengkok sejak lahir
  • Membuat ingus sangat keras atau kasar
  • Penggunaan dekongestan hidung secara berlebihan
  • Sering mengupil terlalu dalam dengan kuku yang tajam
  • Udara kering yang membuat membran hidung menjadi kering dan infeksi
b) Mimisan posterior

Sedangkan pada mimisan posterior ini sering terjadi pada orang dewasa, yang sering disebabkan oleh :

  • Leukimia
  • Genetik
  • Operasi hidung
  • Aterosklerosis
  • Tekanan darah tinggi
  • Tumor di rongga hidung
  • Kelainan pembekuan darah seperti von Willebrand dan hemofilia
  • Sering mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin dan antikoagulan

Lalu Apa Penyebab Anak Bisa Mimisan?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mimisan ini dapat terjadi karena beberapa hal begitu juga pada anak-anak. Biasanya, anak muda akan mengalami mimisan akibat :

  • Kelelahan
  • Sering mengorek lubang hidung terlalu keras
  • Hidung si anak terpukul atau terbentur dengan benda keras

Bagaimana dengan Penyebab pada Ibu Hamil?

Sementara untuk ibu hamil, biasanya dpaat terjadi akibat :

a. Perubahan hormon

Ketikan kadar hormon meningkat saat hamil, tentu aliran darah estrogen dan progesteron menjadi meningkat pada tubuh ibu hamil termasuk bagian hidung.

Bila kondisi ini terjdi, selaput akan melebar dan membengkak hingga bisa menekan pembuluh darah didalamnya. Akibatnya, pembuluh darah akan pecah dan membuat hidung mengalami mimisan saat hamil

b. Fase kehamilan

Dalam fase kehamilan, biasanya dapat terjadi karena pembuluh darah hidung melebar dan bisa meningkatkan suplai darah pada ibu hamil sehingga pembuluh darah sekitar hidung menjadi mudah pecah.

c. Sinus dan alergi

Selain itu, penyebab ibu hamil bisa mengalami mimisan juga disebabkan akibat alergi terhadap dingi, adanya penyakit sinusitis atau selapun hidung kering.


Gejala Mimisan yang Perlu Diwaspadai

Meski kondisi mimisan ini merupakan gangguan yang kecil dan kadang bisa diatas dengan sendiri.

Namun tetap Anda harus berhati-hati, karena mimisan ini dapat mengindikasikan adanya penyakit berbahaya.

Dengan begitu, Anda harus mengetahui gejala apa yang sering terjadi ketika anak atau bahkan Anda mengalami mimisan. Berikut ini adalah indikasi dari mimisan yang perlu kamu waspadai, meliputi :

  1. Demam
  2. Sesak napas
  3. Mengalami ruam
  4. Bagian kulit menjadi pucat
  5. Mimisan berlangsung dalm 30 menit
  6. Sering mimisan dalam waktu yang sing
  7. Detak jantung semakin tidak beraturan
  8. Mimisan terjadi setelah mengalami cedera
  9. Muntah darah akibat menelan banyak darah
  10. Mimisan disertai dengan penderahan pada urine
  11. Sering memisan dengan volume darah yang banyak
  12. Mimisan sering terjadi pada anak usia dibawah 2 tahun
  13. Mimisan terjadi setelah operasi daerah hidung atau sinus.

Apakah, Mimisan itu Berbahaya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meski mimisan ini merupakan gangguan yang kecil bukan berarti kamu harus menyepelekannya.

Karena apa? Karena mimisan ini bisa menjadi tanda bahwa adanya penyakit serius seperti kanker. Berikut adalah 3 jenis penyakit kanker yang sering memunculkn mimisan, antara lain seperti :

a) Karsinoma nasofaring

Karsinoma nasofaring adalah jenis kanker yang terjadi pada nasofaring dan terletak dibagin atas faring (tenggorokan) dibelakang hidung.

Karsinoma nasofaring ini merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi pada jaringan lapisan hidung, sehingga menyebabkan mimisan dan keluar bercak darah.

b) Leukimia

Leukimia adalah jenis kanker sel darah putih, yang dapat menghambat darah putih untuk bisa melawan infeksi.

Ketika seseorang mengalami kondisi ini, biasanya bagian sumsum tulang tidak mampu lagi untuk memproduksi sel darah merah dan trombosit dengan cukup.

c) Limfoma

Bila seseorang memiliki limfosit yang abnormal, bisa jadi akan mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini terjadi karena ketahanan terhadap faktor berbahaya luar sangat kurang.

Selain itu, karena jaringan limfatik dan kelenjar getah bening terjadi diseluruh tubuh dan membuat limfoma ini akan muncul hampir di semua bagian tubuh termasuk hidung.

Dengan begitu, pertumbuhan jaringan limfois di hidung ini akan cepat mengikis bagian dalam pembuluh darah dan bisa menyebabkan mimisan.

Makanan Baik untuk Penderita Mimisan

  • Vitamin K

Vitamin K dikatakan penting untuk anak yang mengalami mimisan, karena berperan untuk membantu mempercepat proses pembekuan darah.

Dengan begitu, pendarahan akan bisa cepat berhenti dan mimisan tidak terjadi lagi. Untuk mendapatkan kandungan vitamin ini, Anda bisa temukan pada makanan seperti hati sapi dan sayuran hijau.

  • Kalium

Selain itu, kalium juga penting untuk diberi pada mereka yang sering mengalami mimisan.

Karena apa? Karena kalium ini, akan membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh dan mampu menghentikan perdarahan hidung agar menjadi lebih sehat.

Buah ceri, tomat, pisan dan alpukat inilah merupakan sumber makanan kaya kalium yang bisa kamu dapatkan sebanyak mungkin.

  • Vitamin C

Tak kalah penting dengan kandungan vitamin C ini, ia juga berfungi membantu pembuluh darah hidung menjadi lebih kuat. Disamping itu, vitamin C ini akn membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk memberikan vitamin C pada anak yang mengalami mimisan, Anda bisa berikan makanan sumber vitamin C seperti buah jeruk, apel, pir, kiwi, tomat, berry dan paprik.

  • Zat besi

Makanan penting selanjutnya yaitu kaya zat besi. Zat besi ini berperan penting pada masalah mimisan, karena mandung zat yang dapat menghentikan pendarahan sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

Selain itu, banyaknya asupan zat besi ini juga mambantu Anda agar tidak mudah lelah dan sakit kepala setelah mengalami mimisan.

Untuk mendapatkan nutrisi itu, Anda dapat temukan pada makanan seperti organ ayam/sapi, daging merah, ikan laut, bayam, brokoli dan biji-bijian.


Cara Menghentikan Mimisan

Biasanya, ketika hidung mengeluarkan darah atau mimisan sering membuat hati kita menjadi tidak tenang dan panik.

Namun kini, Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi mimisan.

* Duduk tegak dan arahkan tubuh ke depan

Kebanyakan orang yang mengalami mimisan, biasanya sering membuatnya untuk berbaring atau menengadahkan kepalanya kebalakang. Padahal, kedua posisi itu jelas salah untuk dianjurkan.

Cara yang benar untuk menghentikan mimisan ini adalah posisi Anda harus tetapi tegak dan tubuh harus mengarah sedikit ke depan.

Dan posisi ini perludilakukan karena dapat mencegah darah untuk kembali masuk ke bagian hidung atau saluran pernapasan.

Bila Anda berbaring, justru darah akan masuk kembali dan bisa membuat jalan napas menjadi tersumbat.

*Jangan bersin

Ketika darah masih tetap mengalir, usahakan anda tidak mencoba untuk bersin atau mengeluarkan darah dari hidung.

Hal ini perlu dilakukan, karena untuk mencegah mimisan sulit berhenti dan bisa merangsang darah yang mulai mengering menjadi mengalir kembali.

*Pencet cuping hidung selama 10 menit

Tindakan tersebut perlu dilakukan, untuk memberi penekanan pada titik perdarahan agar darah bisa berhenti mengalir. Jika Anda melakukan hal ini, pastikan Anda mencoba untuk bernapas melalui mulut terlebih dahulu.

*Kompres dingin

Atau Anda bisa menghentikan mimisan, dengan meletakan kompres dingin pada hidung Anda. Tapi ingat, dalam penggunaan es batu ini usahakan jangan langsung menempelkannya begitu saja.

Tetapi bungkus es batu terlebih dahulu menggunakan handuk atau kain lembut, baru kemudian Anda bisa menempelkannya ke hidung Anda untuk mengatasi mimisan.

*Jika mimisn belum berhenti, segera periksa ke dokter

Apbila Anda mengalami mimisan lebih dari 20 menit dan tindakan yang seperti diatas tidak memberikan hasil apapun, sebaiknya langsung saja untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mintalah resep dokter.

Lalu obat apa yang bisa menghentikan dan mencegah mimisan untuk terjadi lagi?


1 Obat mimisan yang biasanya dokter akan resepkan adalah ASAM TRANEKSAMAT yang obat tersebut bisa mudah Anda dapatkan di Apotik terdekat.

ASAM TRANEKSAMAT

ASAM TRANEKSAMAT merupakan obat golongan Hemostati, yang digunakan untuk menghentikan pendarahan seperti menstruasi berlebihan, mimisan, pasca operasi dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan.

ASAM TRANEKSAMAT akan bekerja dengan cara menghambat hancurnya pembekuan darah yang sudah terbentuk, sehingga perdarahan di hidung tidak terus terjadi.

Selain itu, ASAM TRANEKSAMAT ini juga dapat digunakan untuk mengurangi perdarahan akibat menorrhagia dan tindakan cabut gigi pada penderita hemofilia.

Lantaran obat ini mengandung Asam Tranexamat, biasanya dosis yang kamu harus konsumsi adalah 100 mg sebanyak 3 dosis perhari dalam jangka waktu maksimal 4 hari.

Berapa harga obat tersebut? Untuk kemasan ASAM TRANEKSAMAT ini biasanya dijual di Apotik dengan harga Rp 2.740,- / Tablet (1 Strip isi 10 Tablet).

Efek samping : diare, gatal-gatal, mual dan muntah-muntah.


Selain menggunakan produk diatas, Anda juga bisa menghentikan mimisan ini dengan menggunakan obat mimisan lainnya.

DAFTAR OBAT MIMISAN DI APOTIK

  1. KALNEX
  2. ASAMNEX
  3. DICYNONE
  4. TRANSAMIN
  5. YUNNAN BAIYAO CAPSULES

KALNEX

KALNEX adalah obat kapsul yang mengandung asam tranexsamat 500 mg, sehingga dapat digunakan untuk menghentikan proses pendarahan sepertipendarahan akibat menstruasi berlebihan, mimisan, cedera dan pendarahan pada penderita angio-edema turunan.

Selain itu, Kalnex ini akan bekerja dengan cara menghambat perubahan dari plasminogen menjadi plasmina sehingga mampu mencegah terjadinya pemecahan trombosit, mengurangi pendarahan dan mencegah terjadinya degradasi fibrin.

Untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan, Anda bisa konsumsi 3-4 x 1 tablet sebelum atau sesudh makan.

Efek Samping yang ditimbulkan : muntah, pusing, mual, nafsu makan hilang, sakit kepalan dan gangguan pencernaan.

Harga : Tiap kemasan KALNEX 500mg biasanya dibandrol dengan harga Rp 4.480,- / Tablet.


ASAMNEX

ASAMNEX adalah obat yang sama mengandung Asam Traneksamat 500 mg, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi pendarahan abnormal seperti mimisan dan batuk darah.

Bila Anda sendiri mengalami perdarahan abnormal karena mimisan, konsumsi ASAMNEX sebanyak 1 tablet yang dikonsumsi 3-4 kali sehari yang dikonsumsi bersama makanan.

Efek samping : Gangguan gastrointestinal

Harga : Untuk kemasan ASAMNEX 500MG CAP 30S, biasanya dibandrol dengan harga Rp 3.266,- / Tablet.


DICYNONE

DICYNONE adalah obat apotik yang formulasikan untuk mengatasi perdarahan efusi atau pengobatan internal karena perdarahan pada pencernaan atau akibat mimisan, di kandungan serta pengobatan di pembuluh kapiler.

Jika Anda mengalami perdarahan akibat mimisan, atasi dengan mengkonsumsi DICYNONE sesuai anjuran dokter yang disarankan.

Efek samping : Sakit kepala, hipotensi, kadang mual, dan ruam kulit setelah pemberian IV.
Harga : untuk kemasan DICYNONE 500 MG TABLET biasanya dibandrol Rp. 15.500,-.


TRANSAMIN

TRANSAMIN adalah obat yang sama mengandung Asam traneksamat dan tergolong ke dalam golongan obat Hemostatik, sehingga bis mencegah, mengurangi dan menghentikan pendarahan yang masih saat melakukan prosedur pembedahan, menstruasi berat, angioedema herediter, mimisan dan kondisi medis lainnya.

Untuk melawan mimisan Anda, biasanya Anda hanya perlu mengkonsumsi obat ini sebanyak 1-2 kapsul yang dikonsumsi 3-4 kali sehari sesudah makan.

Efek Samping : nyeri sendi, sakit kepala sebelah, keluhan pada hidung dan sinus, keram otot, anemia, rasa lelah, gangguan penglihatan, nyeri punggung, nyeri perut, nyeri sendi, kaku mual, muntah, diare dan pusing.

Harga : Tiap kemasan TRANSAMIN 500MG CAP, biasanya diapotik terjual dengan harga Rp 3.360,- / Tablet.


YUNNAN BAIYAO CAPSULES

YUNNAN BAIYAO CAPSULES adalah obat apotik yang dapat menghentikan perdarahan akibat batuk darah, luka jatuh, memar, menawar racun, wasir, cedera jaringan lunak, keseleo, bisul, radang kulit, patah tulang, mimisan, haid berlebihan dan pembekuan darah.

Apabila Anda ingin menghentikn mimisan, sebaiknya konsumsi YUNNAN BAIYAO CAPSULES dengan dosis 1 kapsul 4 kali sehari. Untuk usia 6-12 tahun, konsumsi 4 kali sehari 1/2 kapsul. Usia 2-5 tahun, 4 kali sehari 1/4 kapsul.

Harga : Untuk harga YUNNAN BAIYAO CAPSULES DUS 16 KAPSUL, biasanya dibandrol dengan harga Rp. 95.000,-.


Itulah 1 Obat Mimisan dan beberapa obat mimisan lainnya yang bisa kamu beli di Apotik. Pastikan, sebelum kamu mengkonsumsinya alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk cara pemakaiannya. Semoga lekas sembuh 🙂

CARI OBAT MIMISAN ALAMI DI APOTIK ??

Posted by : TamilServices.com

Konsultasikan Disini!!