Obat Memar di Apotik

Obat Memar di Apotik – Adanya memar atau lebam di kulit itu memang menyebalkan. Bagaimana tidak? Memar ini bisa saja muncul secara tiba-tiba, tanpa Anda mendapatkan luka atau risiko yang dapat menyebabkan memar.

Belum lagi dari segi dan bentuk warna dari memar, tentu akan mengganggu penampilan kulit Anda bukan?

Nah, untuk mengatasinya mungkin ada banyak hal yang bisa kamu peroleh dalam menyembuhkan memar tersebut. Mulai dari cara alami sampai Anda memberi obat untuk mensamarkannya.

Lantas apa saja obat yang bisa kami beli untuk menghilangkan memar tersebut? Eitss, jangan terburu-buruk kawan. Sebelum kami memberi resep apa saja yang bisa membantu mengobati memar Anda.

Anda juga wajib tahu asal muasal penyebab memar ini bisa terjadi dari mana. Untuk mempersingkatkan waktu, cuss guyss baca pembahasannya dibawah ini !

Obat Memar di Apotik

Apa itu ‘Memar’?

Memar merupakan suatu kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak-anak. Luka memar ini, memang pada dasarnya akan muncul ketika mendapat benturan dengan benda keras dan menyebabkan pembuluh kapiler menjadi pecah.

Luka memar juga tak hanya merusak atau perubahan pada warna kulit, namun akan terasa nyeri dan bengkak. Secara kasat mata, kulit Anda pula akan melami perubahan warna kebiruan atau kemitaman.


Tanda serta Tahapan Perubahan Warna Luka Memar

Nyatanya, cepat atau lambat penyembuhan luka memar memang tergantung dengan seberapa parah bentuk yang terjadi dan dimana letak luka tersebut. Berikut adalah tahapan perubahan warna memar :

a) Merah

Kondisi warna ini mungkin umum dan tak asing dilihat oleh mata Anda setelah kulit tersebut terbentuk dan terlihat memerah.

Anda pun menyadari bahwa bagian tubuh yang terbentur akan menjadi lebih sedikit bengkak dan kulit memar akan terasa nyeri pada saat disentuh.

b) Kebiruan atau ungu gelap

Bila memar sudah silam selama 1-2 hari, biasanya luka memar tersebut akan menjadi kebiruan. Perubahan warna ini memang disebabkan akibat minimnya asupan oksigen dan pembengkakan pada area luka memar tersebut.

Akibatnya, hemoglobin warna merah ini akan berubah warna menjadi warna biru.

c) Hijau pucat

Setelah luka memar memasukan hari keenam, memar akan berubah warna lagi menjadi kehijauan. Hal tersebut juga menandakan bahwa kandungan hemoglobin yang terdapat dalam darah akan mulai terurai dan proses penyembuhan akan segera berlansung.

d) Kuning kecokelatan

Seminggun kemudian, luka memar akan berubah warna lagi menjadi lebih terang yaitu kuning pucat atau cokelat muda. Tahap ini bisa disebut juga tahap akhir yang mana proses penyembuhan luka memar akan segera berakhir.

Dan luka tersebut tidak akan berubah warna lagi, melainkan akan menghilang secara perlahan dan kembali ke warna asli kulit masing-masing.


Lalu apa penyebab memar sebenarnya?

Beberapa kondisi memang banyak hal yang akan menyebabkan Anda mendapatkan luka memar. Contohnya seperti

  • Melakukan olahraga yang berlebihan

Kondisi ini biasanya sering terjadi pada atlet-atlet atau mengangkat beban yang berat. Hingga luka memar ini akan muncul ketika mikroskopik pada pembuluh darah dibawah kulit mendapatkan robekan.

  • Gangguan pendarahan

Seperti mimisan dan gusi berdarah inilah yang bisa menjadi tanda bahwa Anda mendapatkan memar tanpa alasan, hingga mengindikasi pada gangguan pendarahan.

  • Tulang kering atau paha

Kedua bagian inilah yang paling sering mendapatkan memar lantaran bagian tersebut sering mendapatkan benturan pada kaki tempat tidur atau tak ingat bahwa Anda mendapatkan cedera.

  • Usia

Usia memang dapat mengalahkan serta mengganggu kesehatan manusia. Hal itu pula mungkin dapat dialami oleh semua, lantaran semakin tua usia seseorang, maka kulit akan menipis dan jaringan yang biasanya mendukung pembuluh darah akan lebih rentan.

  • Mengkonsumsi obat-obatan

Bukan hanya mendapatkan benturan, namun memar juga dapat muncul ketika Anda mengkonsumsi obat pengencer darah.

  • Sinar Uv

Memar ini bianya terjadi pada bagian belakang tangan dan lengan Anda, hingga terjadi akibat kerusakan matahari atau kulit mengalami penipisan.


Faktor Risiko Memar

Sedangkan menurut faktornya, ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko memar seperti :

  1. Usia
  2. Leukimia
  3. Hemofilia
  4. Penyakit hati
  5. Penyakit Cushing’s,
  6. Marfan’s syndrome,
  7. Ehlers-Danlos syndrome,
  8. penyakit jaringan ikat,
  9. Anemia aplastik
  10. Anemia akibat kurang zat besi
  11. Sering mengkonsumsi alkohol
  12. Defisiensi vitamin C (defisiensi asam askorbat)

Tanda & Gejala Umum Memar

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa awalnya memang memar ini akan muncul berwarna kemerahan, biru keunguan, hijau dan kuning kecoklatan.

Kemudian akan terasa sensitif dan kadang nyeri di beberapa hari pertama. Dikarenakan luka memar ini tidak terbuka, tentu saja Anda tidak akan mendapatkan risiko infeksi.

Namun bila Anda khawatir dengan luka memar ini, Anda bisa mengunjungi dokter apabila Anda mendapatkan gejala seperti :

  • Patah tulang
  • Memar tanpa alasan
  • Memar tidak terasa sakit
  • Memar warna hitam pada kaki
  • Memat setelah terjadi hantaman
  • Memar muncul ketika tanpa cedera
  • Luka semakin membengkak dan nyeri
  • Memar yang disertai dengan darah pada mata, feses dan urin
  • Memar yang disertai dengan perdarahan pada hidung, mulut dan gusi
  • Memar tidak baik dan tidak hilang dengan sempurna setelah 3-4 minggu
  • Memar muncul dengan pola berulang namun tidak jelas dengan penyebabnya

Bahaya dan Komplikasi Memar

Meski Anda mendapatkan memar, Anda juga pelu mewaspadainya sejak dini. Lantaran jika Anda mendapatkan memar tanpa disebabkan oleh trauma akibat benda tumpull yang biasanya dapat menjadi tanda bahwa Anda mendapatkan gejala penyakit yang lebih serius.

Hingga dokter perlu mendiagnosisnya dengan menggunakan tes darah, MRI, CT-scan dan ultrasound.

Anjuran dan Pantangan Makanan Ketika Mendapatkan Memar

Terlebih ketika mendapatkan suatu penyakit seperti kondisi memar ini, akan segera untuk melakukan pengobatan. Namun tak jarang, ada banyak orang yang tak tahu kenapa mendapatkan memar yang tak kunjung sembuh dalam beberapa hari.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa faktor makanan juga bisa memicu melambatkan luka untuk sembuh. Oleh sebab itu, Anda wajib memerhatikan pola makanan dengan baik supaya memar cepat sembuh dan hilang.

Berikut adalah list makanan yang wajib kamu konsumsi ketika mendapatkan memar :

  • Kedelai

Mengapa kedelai sangat bagi untuk menyembuhan memar? Lantaran kedelai adalah makanan sumber vitamin A, C, D, E dan K yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan yang baik, meningkatkan kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh serta menyembuhkan peradangan akibat luka.

Sementara kandungan protein didalamnya, juga turut membantu untuk membentuk jaringan yang baru pada sel-sel kulit.

  • Cokelat

Menurut Contemporary Reviews in Cardiovascular Medicine, mengatakan bahwa cokelat hitam senantiasa akan membantu kita dalam menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Hal tersebut tentu akan berdampak bagi tubuh, khususnya bagian kulit hingga bisa memberikan nutrisi, oksigen dan vitamin pada kulit yang mengalami luka memar.

Selain itu, cokelat hitam juga mengandung sifat antioksidan kuat yang dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga bisa mencegah dari infeksi berlebih.

  • Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang bersumber xat fitonutrien. Menurt National Institutes of Health, brokoli adalah sayuran yang mengandung sifat antioksidan hingga bisa mengelola peradangan dan mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara alami.

Disisi lain, kandungan vitamin C pada brokoli ini ternyata mampu memelihara pertumbuhan jaringan baru serta memelihara perbaikan.

Sementara berikut ini adalah pantangan makanan yang perlu kamu jauhi supaya memar tidak semakin parah, meliputi :

  • Makanan rempah

Makanan rempah seperti kunyit dan jahe adalah salah satu rempah yang sering ditambahkan kedalam racikan ramuan masakan tradisional.

Namun menurut peneliti, bila kedua rempah tersebut ditambahkan kedalam ramuan pengobatan untuk penyembuhan luka memar ternyata sangat tak baik.

Lantaran rempah-rempah ini dapat menguragi risiko penggumpalan, sedangkan pembekuan darah pada luka sangat penting sekali untuk mempercepat penyembuhan. Oleh sebab itu, jangan coba-coba menggunakan rempah ini meski keduanya terbilang alami ya.

  • Gula

Sajian yang mengandung gula memang perlu Anda jauhi ketika mendapatkan memar atau luka. Hal itu disebabkan karena gula dapat mempengaruhi tingkat kolagen pada kulit Anda.

Sementara kolagen sendiri sangat diperlkan untuk mempercepat penyembuhan. Selain itu, gula juga akan merusak kekebalan hingga sel darah putih tidak bisa menghancurkan bakteri dan penyembuhan luka pun akan semakin lambat untuk sembuh.


Cara Mengobati Memar

Meskipun beberapa sering mendapatkan memar dan hilang dengan sendirinya, namun Anda juga harus mempercepat proses penyembuhan memar.

Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mendapatkan luka memar, antara lain seperti :

1.Kompres dengan es

Lakukan cara ini secara berulang kali dan tunggu selama 20-30 menit untuk meredakan proses peradangan dan pembengkakan pada luka.

2. Kompres dengan air hangat

Selain es, Anda juga bisa menggunakan air hangat. Air hangat ini berguna untuk memperlancar aliran darah, sekaligus dapat mempercepat perubahan warna pada kulit seperti semula.

Anda bisa menggunakan cara ini dengan mengkompres atau merendam bagian daerah yang memar pada air hangat dan biarkan selama 10 menit.

3. Angkat bagian tubuh yang memar

Bila sudah melakukan cara diatas tadi, cobalan Anda untuk bisa merubah posisi tubuh yang memar menjadi lebih tinggi dari dada.

Contohnya, jika Anda mendapatkan memar dikaki, cobalan untuk duduk atau tidurlah dengan menyangga bagian kaki yang memar dengan batal. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi area aliram darah ke area yang memar.

4. Menggunakan obat oles

Selain melakukan cara diatas, Anda juga bisa mempercepat prose penyembuhan memar dengan menggunakan obat oles dalam bentuk salep atau gel. Obat apa yang bisa menyembuhkan memar?

Bila Anda mendapatkan kondisi yang sama, Anda bisa menggunakan obat oles THROMBOPHOB GEL untuk mengobati memar Anda.


Apa itu THROMBOPHOB GEL?

THROMBOPHOB GEL merupakan obat topikal yang berbentuk gel dan mengandung Heparin sodium. Fungsi dari kandungan heparin ini adalah sebagai obat pengencer darah atau antikoagulan.

Kandungan ini pula juga cepat berkerja dengan menghambat protein sebagai proses pembengkuan darah. Tak hanya itu, THROMBOPHOB GEL juga memiliki manfaat lain seperti mengatasi rasa nyeri akibat peradangan (memar) yang terlihat di permukaan kulit.

Berikut adalah beberapa kondisi lain yang bisa disembuhkan oleh obat THROMBOPHOB GEL, antara lain :

  1. Mengatasi gejala varises
  2. Wasir atau hemoroid eksternal
  3. Pembuluh darah menyumbat
  4. Mencegah terbentuknya keloid pada bekas luka
  5. Cedera yang menyebabkan memar, keseleo dan pembekuan darah

Bagaiman cara menggunakan THROMBOPHOB GEL?

  1. Pertama, Anda harus membersihkan kedua tangan dan juga permukaan kulit yang mengalami memar
  2. Bila sudah, Anda bisa mengoleskan secara tips pada pemukaan kulit yang mengalami ceder memar. (Lantaran obat ini gampang menyerap, Anda juga tak harus menggosoknya ataupun dipijat).
  3. Biarkan selama beberapa menis sampai obat tersebut meresap ke permukaan kulit dan lakukan sebanyak 2-3 kali sehari

INGAT ! Obat ini hanya untuk luka memar dan jangan di oleskan pada luka terbuka atau pendarahan lain pada kulit.

Berapa harga THROMBOPHOB GEL? Dalam kemasan 20 gram, obat THROMBOPHOB GEL biasanya terjual diapotik dengan harga Rp 64.251,- / Tube.


Selain Anda menggunakan obat gel tersebut, Anda juga bisa menggunakan beberapa obat lainnya yang terjual bebas di Apotik. Berikut adalah..

DAFTAR OBAT MEMAR DI APOTIK

  1. THROMBOPHOB OINT
  2. THROMBOFLASH GEL
  3. ZAMBUK SALEP
  4. MINOL DROP
  5. DIE DA YAO JING
  6. GELIGA
  7. THROMECON
  8. SALONPAS HOT CR
  9. GPU CR
  10. HOT IN CREAM PUMP

Penjelasan Obat >>

  • THROMBOPHOB OINT

THROMBOPHOB OINT obat oles topikal yang mengandung benzyl nicotinate 2,5 mg dan heparin sodium 50 IU. Kandungan tersebut tentu akan berfungsi sebagai pengencer pembekuan darah, memar akibat varises atau cedera dan meningkatkan suplai darah ke kulit.

Bila Anda mendapatkan memar, segera oleskan obat ini sebanyak 2-3 kali sehari. Lantaran obat ini mengandung heparin, jangan coba oleskan pada luka terbuka.

Harganya cukup murah kok, THROMBOPHOB OINT dalam kemasan 15 gram, terjual habis di Apotik dengan harga Rp 52.140,- / Tube.

  • THROMBOFLASH GEL

THROMBOFLASH GEL merupakan obat yang mengandung Heparin Sodium 200 IU, sehingga mampu mencegah terbentuknya gumpalan dalam darah dan bisa membantu memecah pembekuan darah yang telah terbentuk.

Selain itu, produk obat ini pula mampu mengobati bercak memar hingga bisa menghilangkan lebam akibat benturan.

Untuk mendapatkan khasiat itu, Anda hanya perlu mengoleskan gel ini sebanyak 2-3 kali sehari sesuai kebutuhan Anda. Harga cukup murah dikantong, dalam kemasan 20 gram THROMBOFLASH GEL biasanya dibandrol dengan harga Rp 53.680,- / Tube.

  • ZAMBUK SALEP

ZAMBUK SALEP merupakan obat salep yang menagndung ekstrak Thyme oil BPC 1949 0,50%, Eucalyptus oil BP 5,02%, Colophony BP 2,51% dan Champhor BP 1,76%.

Beberapa kandungan tersebut tentu menjadikan obat ZAMBUK SALEP mampu mengurangi rasa nyeri akibat memar.

Cukup dengan mengoleskan obat ini secara rutin, memar dan rasa sakit akan cepat pulih dengan alami. Selain itu, harganya cukup murah kok, ZAMBUK SALEP biasanya terjual dengan harga Rp 38.290,- / Tube.

  • MINOL DROP

MINOL DROP atau MINOL merupakan obat minyak luka yang terbuat dari minyak atsiri Curcumae Domesticae Rhizoma, Benzoe Sumatra, Persicae Semen, Kaempferiae Rhizoma, Oleum Eucalypti dan Draconis Resina.

Minyak minol ini memiliki aroma tradisional khas dan terbukti mampu mengeringkan luka lecer, luka bakar, luka bengkak, memar dan mampu melemaskan otot-otot yang tegang akibat terkilir.

Jika Anda mendapatkan memar di kulit, cobalah untuk mengoleskan minyak minol ini sesuai kebutuhan Anda. Harganya cukup murah kok dan tak menguras kantung Anda. Perbotol, minol drop 30 ml terjual habis dengan harga Rp 20.020,-.

  • DIE DA YAO JING

DIE DA YAO JING merupakan produk obat yang dapat mempercepat penyembuhan memar, luka luar, bengkak dan keseleo.

Cukup dengan mengoleskannya sebanyak 3-4 kali sehari, memar Anda akan cepat tersamarkan dan hilang dengan baik. Harga DIE DA YAO JING biasanya terjual dengan harga Rp 33.792,- / Botol tiap kemasan 30 ml.

  • GELIGA

GELIGA adalah obat yang dapat membantu meringankan nyeri di punggung, otot dan menghilangkan memar. Bila Anda mendapatkan memar di permukaan kulitmu, bantulah dengan obat geliga ini dan gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Harga perpot kemasan 10 gram, GELIGA terjual dengan harga sangat murah meriah yaitu : Rp 5.324,- / Pot.

  • THROMECON

THROMECON juga mengandung Heparin 200 iu, hingga bisa mengobati memar, lebam dan penyumbatan pembuluh darah secara berlebihan serta cedera akibat kecelakaan dan olahraga.

Anda hanya perlu mengoleskan HROMECON sebanyak 2-3 kali sehari. Untuk harga HROMECON kemasa 20 Gram, biasanya terjual habis dengan kisaran harga Rp 37.838,- / Tube.

  • SALONPAS HOT CR

SALONPAS HOT CR merupakan obat cream yang mengandung methyl salicylate 15.0%, i-methol 7.0% dan capsicum extract 2,9%, sehingga mampu meredakan rasa nyeri di otot, leher, pundak, pinggang, memar dan keseleo.

Jika Anda mempunyai luka seperti memar, cobalah untuk mengoleskan cream ini sebanyak 3-4 kali sehari untuk meredakan nyeri dan pembengkakan yang timbul.

Untuk harga SALONPAS HOT CR kemasan 18 gram, biasanya terjual dengan harga Rp 12.843,- / Tube.

  • TIEH TA YAO GIN

TIEH TA YAO GIN adalah obat impor dan dipasarkan oleh PT. Sabar Subur Ayoe, untuk menyembuhkan luka, lebam atau memar dan keseleo.

Lantaran obat ini mengandung sanguis draconis 18%, flos carthami 15%, radix pseudoginseng 15%, mastix 15%, myrrha 15%, radix angelicae sinensis 10% dan catechu gambir 12%, Anda bisa mengggunakannya sebanyak 2-3 kali sehari.

Perpcs, obat TIEH TA YAO GIN kemasan 30 ml terjual habis dengan harga Rp 31.720,- / Pcs.

  • GPU CR

GPU CR merupakan obat cream yang dapat Anda gunakan sebagai obat gosok dan pijat. Selain itu, obat cream ini dapat dijadikan sebagai obat gosok yang berkualitas lantaran mampu meredakan pegal linu, sakit punggung, keseleo, nyeri sendi, memar dan mampu memperlancar peredaran darah secara alami.

Bila Anda ingin mendapatkan khasiat itu, Anda bisa menggosokkannya setiap saat sesuai kebutuhan. Selain memiliki khasiat luar biasa, GPUR CR juga memiliki harga terjangkau untuk dibeli oleh Anda.

Tiap kemasan 150 gram, CPU CR terjual dengan harga Rp 19.239,- / Pcs.

  • HOT IN CREAM PUMP

HOT IN CREAM PUMP merupakan obat topikal yang memiliki kandungan Gandapura Oil, minyak kayu putih dan Menthol sehingga mampu meredakan pegal-pegal, nyeri otot, sendi, kram dan trauma.

Apakah obat ini harganya sangat mahal? Tenang saja kawan, Anda bisa beli HOT IN CREAM PUMP dalam kemasan 120 ml dengan harga Rp 25.498,- / Botol.


Itulah beberapa obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati luka memar. Meski ada obatnya, namun ingat ya sebelum kalian menggunakan obat tersebut baca terlebih dahulu cara pentunjuk kegunaanya supaya tidak berefek lebih pada luka memar Anda. Semoga lekas sembuh dan salam sehat 🙂

CARI HERBAL ALAMI UNTUK MEMAR DI APOTIK ??

Posted by : TamilServices.com

Konsultasikan Disini!!