Obat Congek di Apotik

Obat Congek di Apotik – Telinga Anda sering sakit hingga mengeluarkan cairan dari dalam telinga? Jika iya, mungkin Anda mengalami congek.

Kondisi ini cukup serius, untuk itu Anda harus mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi. Namun selain itu, Anda juga perlu membantu mengobatinya supaya tidak mengalami gejala yang parah.

Lalu, apa saja obat untuk mengobati congek? Eitss, tunggu dulu sebelum kami membeberkan obat tersebut simak dulu ya ulasan tentang ‘Congek’ berikut ini !

Obat Congek di Apotik

‘CONGEK’

Congek atau medis menyebutnya dengan otitis media merupakan suatu kondisi dimana telinga tengah mengalami infeksi.

Kondisi tersebut memang sering terjadi pada anak-anak usia dibawah 10 tahun dan bayi usia 6-15 bulan, sehingga di area belakang gendang telinga terinfeksi dan bisa meradang.

Bahkan menurut perkiraan ahli kesehatan, sekitar 25% anak-anak sekarang akan lebih rentan mengalami congek sebelum umur 10 tahun.

Sebanarnya, congek atau otitis media ini terbagi 2 jenis yaitu :
  • Otitis media akut

Jenis congek ini biasanya terjadi akibat telinga terinfeksi dengan cepat dan bisa menyebabkan pembengkakan, hingga membuat mereka kehilangan pendengaran selama masa infeksi.

  • Otitis media efusi

Jenis otitis ini biasanya disebut glue ear, yang mana dikondisikan ketika Anda merasa masih ada lendir dan cairan setelah infeksi sudah menghilang.


Penyebab Congek

Umumnya otitis media atau congek disebabkan akibat infeksi jamur, bakteri atau virus. Streptococcus pneumoniae merupakan patogen yang paling umum terjadi.

Selain itu, Moraxella catarrhalis dan Pseudomonas aeruginosa penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan mereka mengalami congek. Namun pada orang dewasa muda, infeksi telinga ini sering disebabkan oleh Haemophilus influenzae.

Virus dan RAV yang bisa menyebabkan common cold juga dapat menyebabkan Anda mengalami congek, lantaran dapat merusak sel-sel epitel pada sistem pernapasan atas. Salah satu faktor risiko utama dalam perkembangan congek ini adalah disfungsi tuba Eustachius.

Hal itu pula akan menyebabkan pembersih bakteri atau virus tidak akan memadai telinga tengah hingga memudahkan mereka mengalami congek.

Sedangkan pada anak-anak muda yang jauh lebih besar mendapatkan risiko ini, karena ia memiliki tuba Eustachius lebih horizontal, lebih pendek atau lebih besar dan kekebalan tubuh lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa.

Bahkan pada anak-anak yang memiliki kelainan sumbing atau Sindrom Down akan lebih cenderung mendapatkan infeksi telinga.

Selain itu, beberapa faktor lainnya juga akan memudahkan mereka untuk mendapatkan risiko otitis media pada anak. Faktor tersebut seperti :

  1. Kebiasaan merokok
  2. Melakukan diet berlebih
  3. Riwayat alergi atau asma
  4. Terpapar polusi udara
  5. Durasi menyusui lebih sedikit
  6. Pemberian makan botol dalam posisi terlentang

Gejala Utama Congek

Seperti yang kita ketahui, bahwa congek merupakan salah satu penyebab yang akan membuat telinga kita merasa sakit. Dan gejala tersebut biasanya terjadi dalam waktu 2-7 hari setelah terjadinya flu atau ISPA.

Namun selain telinga menjadi sakit, mereka juga akan merasakan gejala lain seperti :

  1. Demam
  2. Kelelahan
  3. Indera pendengaran hilang
  4. Badan terasa tidak enak badan
  5. Keluar cairan dari dalam telinga

Sementara gejala congek yang terjadi pada anak-anak, bianya akan memiliki tanda seperti :

  1. Tidak mau makan
  2. Mengalami demam
  3. Mudah rewel dan marah
  4. Susah tidur di malam hari
  5. Tidak bisa bereaksi dengan suara pelan atau lirih
  6. Sering menggenggam, menarik dan menggaruk telinga.

Meski sebagian besar congek ini bersifat akut, namun diantara mereka yang pernah mengalaminya ternyata ada yang lebih cepat pulih dalam beberapa hari saja.

Namun terkadang ada beberapa keadaan yang dapat mengharuskan penderita congek untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Contohnya :

  1. Rasa sakit telinga dirasakan cukup parah
  2. Selain cairan, telinga mengeluarkan nanah
  3. Bayi tidak bisa tidur dan rewel
  4. Muncul gejala yang tidak membantu setelah 3 hari
  5. Terdapat kelainan lain seperti jantung bawaan atau cystic fibrosis.
Apabila Anda mendapatkan keadaan itu, segeralah pergi mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Bahaya dan Komplikasi Congek atau Otitis Media

Sebagian besar, memang penderita congek ini akan menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Tapi jika terjadi pada anak-anak, kemungkinan besar mereka mendapatkan risiko komplikasi yang cukup tinggi.

Hal tersebut juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh mereka yang masih berkembang dan belum terbentuk dengan sempurna.

Berikut adalah deretan komplikasi yang mungkin akan terjadi akibat congek yang tidak diobati, meliputi :

  • Gangguan berbicara atau perkembangan berbahasa

Kondisi ini biasanya terjadi bila anak Anda mendapatkan infeksi yang terlalu sering, hingga memengaruhi indera pendengaran mereka saat masih kecil.

  • Labirintitis

Labirin merupakan struktur halus yang terletak jauh didalam telinga. Meski letaknya jauh, namun infeksi ini bisa menyebar sampai ke dalam telinga dan menyebabkan labirintitis.

Jika Anda mendapatkan komplikasi ini, biasanya ia akan mendapatkan gejala seperti pusing, vertigo, kehilangan keseimbangan dan pendengaran.

  • Gendang telinga berlubang

Kondisi ini biasanya terjadi saat mendapatkan tekanan hingga mengalami kerusakan dan membat gendang telinga menjadi robek.

Walaupun kondisi ini dapat pulih dalam waktu 72 jam, namun beberapa kasus yang parah seharusnya menjalani operasi untuk memulihkannya.

  • Mastoiditis

Mastoid adalah tulang yang terletak di belakang telinga. Jika tulang tersebut mendapat infeksi dan menyebar kebagian dalam telinga, tentu akan mengalami Mastoiditis.

Demam, sakit kepala, indera pendengaran hilang, merah, pembengkakan dan bagian belakang telinga sakit merupakan tanda yang bisa kamu rasakan ketika mengalami kondisi ini.

  • Kolesteatoma

Kolesteatoma adalah sebuah kumpulan sel-sel kulit abnormal didalam telinga. Kondisi ini biasanya akan muncul ketika telinga tengah infeksi sering kambuh dan bersifat kronis.

Apabila dibiarkan, tentu akan merusak struktur telinga dan bisa mengganggu fungsi pendengaran Anda.

  • Meningitis

Jika infeksi ini menyebar luas sampai ke selaput pelindung otaj dan saraf tulang belakang, maka kondisi tersebut akan membuat Anda mengalami meningitis.

Biasanya penderita akan merasakan sakit kepala, demam, mual, leher kaku, jantung berdetak lebih cepat dan mudah sensitif terhadap cahaya.

  • Abses otak

Abses otak adalah suatu kondisi dimana otak mengalami pembengkakan yang berisi cairan nanah. Meski jarang terjadi, namun kondisi ini bisa membuat Anda merasa kebingungan, demam dan kejang-kejang.

  • Kelumpuhan wajah

Kondisi ini biasanya akibat pembengkakan yang terjadi oleh infeksi telinga tengah menekan saraf-saraf wajah, hingga akibatnya membuat Anda akan sulit mengontrol ekspresi wajah.

Makanan Sehat untuk Memulihkan Gangguan Pendengaran

Tahukah Anda? penderita gangguan pendengaran akibat congek ini tentu saja membutuhkan nutrisi untuk memulihkannya. Oleh karena, Anda wajib mengkonsumsi kandungan yang bermanfaat seperti :

  • Omega 3 dan vitamin D

Kandungan ini biasanya ditemui pada makanan seperti ikan sarden, salmon, tuna dan trout. Konon mereka yang mengkonsumsi ikan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu, ternyata lebih mendapatkan risiko gangguan pendengaran rendah dibanding mereka yang tak pernah mengkonsumsinya.

Selain itu, kandungan omega-3 didalamnya juga disebutkan mampu menguatkan pembuluh darah dalam sistem sensorik pendengaran.

  • Asam folat dan antioksidan

Kedua kandungan ini bisa Anda jumpai pada makanan seperti asparagus, brokoli, bayam, telur,hati dan kacang-kacangan. Makanan ini ternyata bisa mengurangi risiko gangguan pendengaran.

Sementara kandungan antioksidan di dalamnya, akan membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh yang mana bisa merusak jaringan saraf telinga dalam.

  • Magnesium

Kandungan magnesium ini biasanya memberi perlindungan lebih terhadap risiko gangguan pendengaran yang diakibatkan oleh suara bising.

Oleh karena itulah, konsumsi makanan kaya magnesium seperti brokoli, kentang dan buah pisang untuk mencegah kondisi tersebut.

  • Seng atau zinc

Ketika Anda mendapatkan asupan zinc atau seng yang cukup, tentu akan membantu meningkatkan ketahanan telingan bagian dalam dan mengurangi risiko gangguan pendengaran akibat bertambahnya usia.

Untuk mendapatkan kandungan itu, Anda bisa temukan pada makanan seafood seperti tiram atau bisa juga cokelat.

  • Vitamin C dan E

Vitamin kedua ini juga akan membantu menangkal radikal bebas sehingga jaringan syaraf di bagian telingan dalam tetap terjaga. Kedua vitamin ini, biasa Anda temukan pada buah jeruk, cabai atau paprika.

Cara Mengobati Penyakit Congek

Congek atau otitis media merupakan suatu penyakit yang akan mengganggu pendengaran anak-anak atau bayi dibandingkan orang dewasa.

Hal ini disebabkan mereka memiliki ukuran saluran eustachius lebih pendek dan terletak lebih horizontal pada anak-anak.

Nah untuk memulihkan itu semua, Anda juga tak hanya memperbanyak asupan makanan sehat untuk telinga.

Namun Anda juga harus mengikuti tips ini, untuk menjaga pendengaran tetap optimal sampai tua nanti. Misalnya :

  1. Hindari kebiasaan mendengarkan musik melelui earphone terlalu lama dengan volume yang keras

  2. Gunakan alat pelindung telinga saat bekerja ditempang bising seperti pekerjaan pabrik

  3. Melakukan pengobatan jika terjadi infeksi pada telinga

  4. Pergilah mengunjungi dokteri untuk meminta resep obat

Poin ke-4 adalah salah satu cara yang bisa membantu Anda untuk mempercepat pemulihan. Apabila Anda mengalami risiko congek ini, cobalah membeli obat OTILON TETES TELINGA di Apotik terdekat.


OTILON TETES TELINGA

Apa itu OTILON TETES TELINGA?

OTILON TETES TELINGA merupakan salah satu obat antibiotik telinga, yang dapat menyembuhkan infeksi telinga dalam akibat congek atau otitis media.

Obat ini mengandung fludrocortisone acetate 1 mg, polymyxin B sulfate 10.000 iu, neomycin sulfate 5 mg dan lidocaine HCl 40 mg. Masing-masing kandungan ini ternyata memiliki peranan tersendiri yaitu :

  • Fludrocortison

Fludrocortison merupakan obat yang termasuk kortikosteroid sintetik. Obat ini digunakan untuk mengatasi kondisi insufisiensi adrenal dan kondisi intoleransi ortostatik dan postural sindrom ortostatik takikardia (POTS).

  • Polymixin B

Polymixin B merupakan antibiotik aktif yang dapat bekerja untuk mengikat membran sel dan mengubah strukturnya, sehingga menyebabkan membran sel menjadi lebih permeabel.

  • Neomycin

Sedangkan neomycin adalah antibiotik yang tergolong kedalam aminoglikosida, sehingga bisa mengobati infeksi-infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif. Selain itu, antiobiotik ini akan menghambat sintesa protein, hingga bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

  • Lidocaine

Lidocaine merupakan obat yang digunakan untuk anestesi topikal dalam pengobatan blok saraf, pruritus, takikardia ventrikel dan kegunaan anestesi lainnya.

Dosis : Gunakan 2-4 kali dalam sehari 4-5 tetes (Maksimal pemakaian 10 hari)

Berapa harga perbotolnya? OTILON TETES TELINGA biasanya terjual di apotik dengan harga Rp 52.635,- / Botol kemasan isi 8 ML.

INGAT >> Obat ini mengandung efek samping seperti : Sensitasi pada kulit, dermatitis oral, dermatitis kontak alergi, ototoksisitas, nefrotoksisitas, infeksi sekunder, striae, hiperpigmentasi, maserasi, atrofi kulit dan miliaria.


Apakah ada obat lain selain OTILON TETES TELINGA’?

Berikut kami adalah daftar yang bisa kamu pilih untuk mengobati penyakit congek ..

DAFTAR OBAT CONGEK DI APOTIK

  1. ABBOTIC
  2. ABBOTIC FORTE GRAN
  3. CEPTIK D.SYR
  4. ROVAMYCIN
  5. AMPI
  6. OTOPAIN TETES TELINGA
  7. SHAROX
  8. BINOTAL
  9. SPIRAMYCIN NOVELL
  10. AKILEN EAR DROP
Penjelasan Obat >>
  • ABBOTIC

ABBOTIC adalah obat antibiotik yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran nafas, otitis media dan kulit.

Obat ini mengandung Clarithromycin, sehingga bisa Anda gunakan 500 mgg sebanyak 2 kali sehari. Namun jika Anda mengalami Infeksi Legionella pneumophila, gunakan 500 mg sebanyak 2 kali sehari selama 4 minggu.

ABBOTIC biasanya terjual dengan harga Rp 45.029,- / Tablet (1 Dos isi 3 Blister x 10 Tablet).

  • ABBOTIC FORTE GRAN

ABBOTIC FORTE GRAN merupakan antibiotik dalam kemasan sirup forte, hingga bisa digunakan sebagai obat terapi infeksi kulit, saluran nafas dan otitis media yang terjadi pasa anak-anak.

Jika anak Anda mengalami kelainan congek, berikan obat inisebanyak 7.5 mg/kg BB tiap 12 jam, selama 5-10 hari. Untuk harga perbotolnya, obat ABBOTIC FORTE GRAN kemasan 50ML 250MG/5ML terjual dengan harga Rp 306.174,- / Botol.

  • CEPTIK D.SYR

CEPTIK D.SYR merupakan antibiotik yang tergolong dalam kemasan sefalosporin, yang bisa digunakan untuk mengobati otitis media, faringitis, tosilitis, infeksi saluran kemih tanpa komplikasi, bronkitis akut serta eksaserbasi akut dari bronkitis tronik.

CEPTIK D.SYR mengandung cefixime 100mg/5ml sehingga bisa Anda berikan pada penderita BB>30 kg : 500-100 mg sebanyak 2 kali sehari atau 1/2-1 sendok takar 5ml.

Harga perbotol obat ini biasanya terjual dengan harga Rp 133.676,- (30ML 100MG/5ML).

  • ROVAMYCIN

ROVAMYCIN merupakan obat tablet yang mengandung Spiramycin base, hingga bisa Anda gunakan untuk mengobati infeksi telinga (otitis media), infeksi saluran nafas (laringitis, faringitis, sinusitis) dan infeksi lain yang peka terhadap Spiramycin.

Jika Anda mempunyai keluhan congek atau otitis media, konsumsi 1 tablet 3 kali sehari selama 5 hari yang diberikan sebelum atau sesudah makan.

  • AMPI

AMPI memiliki komposisi Ampicillin 500 mg, hinggabisa mengobati infeksi akibat bakteri yang peka seperti endocarditis, meningitis, gonorrhoea, infeksi kulit, jaringan lunak, infeksi saluran nafas (otitis media akut, faringitis, sinusitis), Infeksi saluran kemih, infeksi Salmonella dan shigela.

Namun jika Anda mengalami indikasi otitis media atau congek, berikan obat ini dalam keadaan perut kosong 1 jam sebelum atau 2 jam sesuah makan. Untuk harga, biasanya obat ini terjual diapotik dengan kisaran harga Rp 503,- / Tablet1 Dos (isi 10 Strip x 10 Tablet).

  • OTOPAIN TETES TELINGA

OTOPAIN TETES TELINGA merupakan obat antibiotik yang mengandung neomycin sulfate 25 mg, fludrocortisone acetate 5 mg, polymyxin B sulfate 50000 iu danlidocaine HCl 200 mg sehingga bisa mengobati infeksi telinga akibat otitis media akut maupun konis.

Cukup dengan menggunakan 4-5 tetes ke telinga Anda sebanyak 2-4 kali dalam sehari, congek akan sembuh dengan cepat.

Lakuka cara secara berulang kali dan teratur.Dan untuk harga OTOPAIN TETES TELINGA dalam kemasan 8 ML, terjual dengan Rp 85.391,- / Pcs.

  • SHAROX

SHAROX merupakan obat antibiotik golongan sefalosporin yang dapat membantu mengatasi otitis media, infeksi saluran nafas, saluran kemih dan faringitis.

Lantaran obat ini mengandung Cefuroxime, Anda bisa mengkonsumsi 250 mg sebanyak 2 kali sehari. Untuk harga obat ini, biasanya terjual dalam kemasan 500MG TAB seharga Rp 29.397,- / Tablet (1 Dos isi 2 Strip x 10 Tablet).

  • BINOTAL

BINOTAL merupakan obat golongan keras yang dapat melawan Infeksi Gastro Intestinal, Infeksi saluran kencing ( ISK ), infeksi saluran nafas dan otitis media bakterial infeksi saluran nafas.

Obat ini mengandung Ampicillin trihydrate, sehingga Anda bisa memberikan 1.5-3 g/hari pada penderita otitis media saat perut dalam keadaan kosong (1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan).

Harga BINOTAL dalam kemasan 500MG, terjual dengan harga Rp 4.551,- / Tablet (1 Dos isi 5 Strip x 2 Tablet).

  • SPIRAMYCIN NOVELL

SPIRAMYCIN NOVELL merupakan obat yang diindikasikan untuk infeksi saluran nafas, seperti tonsilitis, pneumonia, sinusitis, otitis media faringitis, bronkitis dan toksoplasmosis.

Jika Anda mendapatkan indikasi otitis media, konsumsilah obat ini sebanyak 500 mg dalam 3 kali sehari selama 5 hari. Harga pertablet, obat ini biasanya terjumlah dengan harga Rp 2.996,- / Tablet (1 Dos isi 1 Strip x 10 Tablet).

  • AKILEN EAR DROP

AKILEN EAR DROP merupakan obat tetes telinga yang mengandung ofloxacin, sehingga bisa digunakan untuk mengobati otitis eksterna dan otitis media supuratif.

Bila Anda tertarik dengan obat ini, gunakan 6-10 tetes 2 kali sehari ke bagian telinga orang dewasa dan untuk anak gunakan 3-5 tetes telinga sebanyak dua kali sehari.

Berapa harga AKILEN EAR DROP? Untuk harga perbotolnya obat ini dibandrol dengan harga Rp 82.872,- / Botol.


Itulah beberapa obat yang bisa kamu beli di Apotik, untuk mengobati congek. Ingat, konsultasikan juga dengan dokter bila Anda ragu untuk menggunakan obat tersebut. Semoga lekas sembuh dan salam sehat 🙂

CARI HERBAL ALAMI CONGEK DI APOTIK ??

Posted by : TamilServices.com

Konsultasikan Disini!!