Obat Berhenti Merokok di Apotik

Obat Berhenti Merokok di Apotik – Anda salah satu PECANDU ROKOK?? Sulit untuk menghentikannya?? Ya memang sulit sekali ya menghentikan kebiasaan buruk ini terutama pada laki-laki.

Untuk berhenti merokok, memang sang perokok harus mempunyai tekad atau niat yang kuat dalam dirinya sendiri untuk bisa berhenti morokok.

Karena perjalanan untuk berhenti merokok itu sendiri, membutuhkan proses yang tidak sebentar dan tidak mudah.

Begitu dengan mereka yang menggunakan rokok elektrik atau obat untuk memberhentikan itu semua, namun jika jiwanya tidak memiliki tekad yang kuat barang kali sang perokok akan cenderung gagal melakukan niatnya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membocorkan 1 Obat Berhenti Merokok di Apotik.

Pasti kamu penasarankan dengan obat yang kita maksud, namun sebelum kesana alangkah baiknya jika kita menyimak tentang rokok dibawah ini yukkk. Let’s Gooo…!

Obat Berhenti Merokok di Apotik

Sudahkah Kamu Berhenti Merokok’??

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan dengan aktivitas lain, misalnya setelah makan siang, ngopi di pagi hari dan bahkan pada saat buang air besar.

Rokok sendiri merupakan salah satu komoditas yang berbahaya bagi kesehatan, namun di jual bebas dan bisa di dapatkan pula dengan mudah.

Tak hanya bisa didapatkan dengan mudah, menurut Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI, sekitar 51.1% masyarakat Indonesia adalah negara perokok yang paling aktif. Dan ini adalah nilai angka tertinggi se-Asia Tenggara. WAW.. HEBAT SEKALI !! 🙁

Aktivitas merokok memang terbukti dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya, mulai dari serangan jantung, kanker paru-paru, paru obstruktif kronik dan penyakit kronis lainnya.

Mengapa hal itu terjadi?

Lantaran rokok mengandung bahan kimia berbahaya seperti metanol, amonia, nikotin, tar, sianida, arsenik, benzene dan cadmium.

Selain itu, rokok juga mengandung berbagai racun lainnya yaitu karsinogen dan kanbonr monoksida dari asap rokok.

Jika kedua zat ini terhirup oleh saluran pernafasan, tentu saja akan memicu kerusakan pada organ dan bisa menurunkan fungsi dari organ sistem jantung, pernafasan dan pembuluh darah.

Akibatnya, tubuh akan kesulitan melawan bibit penyakit yang berada pada lingkungan untuk mencegah kerusakan dan melawan racuk pada paparan asap rokok.

Inilah alasan kuat yang membuat masyarakat ingin berhenti merokok dan mencari cara untuk bisa berhenti merokok secara efektif.

Bagaimana tidak, karena bahaya dari rokok ini tentu saja akan berisiko mengintai masa depannya.


Alasan Sulit Sekali Berhenti Merokok ..!!

TAHUKAH KAMU?

Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok merupakan asbab para perokok aktif menjadi sulit sekali untuk berhentik merokok.

Nikotin ini adalah zat alami yang dapat ditemukan pada tembakau.

Dan zat ini pula sama aktifnya dengan heroin dan kokain.

YA, MEMANG BENAR SEKELI..

Nikotin ini akan mempengaruhi kinerja otak untuk bisa memicu ketergantungan.

Nikotin dapat mudah diserap oleh mukosa mulut saat merokok dan mencapai otak hanya dalam waktu 10 detik setelah diisap. WAWWW…

Konon, proses penyerapan ini katanya lebih cepat loh dari pada obat-obatan yang diberikan melalui pembuluh darah seperti infus.

Bagaimana zat ini bisa menyebabkan ketergantungan? Sebenarnya, zat ini bisa membuat perokok menjadi ketergantungan dengan cara meningkatkan hormon dopamin pada otak.

Peningkatan hormon ini, juga disertai dengan penurunan enzim monoamineoxidase yaitu enzim yang berperan untuk menurunkan kadari dopamin.

Tahukah kamu? Tanpa enzim tersebut, kadar dopamin dalam tubuh akan sulit dikendalikan sehingga menyebabkan mereka ketergantungan dan akhirnya mengubah cara Anda untuk berperilaku dan berpikir.

Misal, jika Anda sudah menghabiskan satu batang rokok, maka kadar nikotin ini akan mudah terserap dan mulai mengalami penurunan.

Perasaan tenang, rileks dan senang yang timbulkan oleh rokok pun akan memudar.

Hal inilah yang menyebabkan mereka akan terus ingin dan ingin lagi mendapatkan kembali sensasi dan perasaan tersebut.


KETAHUILAH !!

6 Bagian Tubuh yang akanRusak Akibat Rokok

1) Mulut dan Tenggorokan

Kandungan racun pada rokok, memang akan berdampak pada jaringan mulut dan tenggorokan Anda.

Gusi menghitam, gigi menguning, bau mulut dan lidah menjadi tidak peka terhadap rasa adalah efek umum yang cepat terjadi pada daerah mulut akibat merokok.

Selain itu, terlalu sering merokok juga membuat Anda berisiko tinggi terjankiy macam kanker oral seperti kanker lidah, kanker kerongkongan, kanker mulut dan kanker tenggorokan.

2) Paru

Seharusnya, organ paru-paru mendapatkan udara bersih tapi mereka sebagai pecandu rokok malah mengotorinya dengan asap rokok.

Awalnya memang biasa saja, namun dalam berjalannya waktu rokok dapat menyebabkan Anda kehabisan napas dengan cepat dan batuk kering menjadi terus-menerus yang akhirnya dapat mengeluarkan dahak.

Kondisi tersebut, tentu akan berpotensi besar untuk mengalami emfisema, bronkitis dan pneumonia.

3) Kulit

Penuaan dini pada kulit sebenarnya berawal dari rokok, itu sebabnya banyak perokok aktif yang pada umumnya tampak lebih tua dari pada orang lain yang memiliki wajah segar.

Kulit perokok aktif, memang akan lebih cepat berkerut dan mengendur disekitar bibir dan mata. Hal itu disebabkan kulit tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup akibat merokok.

4) Otak

Zat kimia yang terkandung pada sebatang rokok, memang bisa melemahkan pembuluh darah di otak dan menyebabkan pembengkakan sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke sebanyak 50%.

Kondisi ini perlu diperhatikan oleh Anda, lantaran bisa membuat pembuluh darah di otak menjadi bengkak dan pecah kapan saja.

5) Jantung

Racun dari asap rokok yang mengandung karbon monoksida dan nikotin ini memang akan ikut mengalir dalam darah dan kembali ke jantung.

Jika hal ini terjadi, tentu akan merusak jaringan pembuluh darah jantung lataran darah yang menggumpal.

Selain itu, kerusakan ini juga bisa menurunkan fungsi jantung secara bertahap hingga bisa membuat Anda mengalami berbagai macam penyakit jantung.

6) Tulang dan Sendi

Tulang adalah organ tubuh yang paling kuat. Namun lama-kelamaan bisa melemah dan rusak akibat merokok loh.

Hal itu terjadi karena rokok mengandung racun yang bisa menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

Dan kerusakan ini pula akan membuat sang perokok lebih rentan mengalami rematik dan osteoporosis di usia muda.


Apa saja efek rokok pada tubuh?

Secara umum, memang merokok ini sudah dikenal banyak orang hingga menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup besar di dunia.

Bahkan para penelitian, telah membuktikan bahwa ada banyak bahaya merokok bagi kesehatan manusia.

Tak hanya bagi perokok saja, pasalnya orang-orang yang ada disekitar prokok juga berisiko tinggi terkena efek rokok tersebut.

David Currow, seorang dosen Cancer Institute dari New South Wales, Aurtralia mengatakan bahwa ada beberapa hal yang akan terjadi ketika tubuh Anda terpapar asap rokok, diantaranya seperti :

  1. Tekanan darah dan detak jantung menjadi meningkat
  2. Kadar oksigen dalam darah menjadi berkurang
  3. Paparan bahan kimia menyebabkan rambut halus di saluran pernapasan rusak
  4. dan Sistem kekebalan imun berkurang, hingga membuat Anda rentan mengalami berbagai penyakit infeksi.

Bahaya Rokok untuk Kesehatan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, rokok memang dapat menurunkan fungsi kekebalan sehingga tubuh akan kesulitan untuk melawan bibit penyakit yang mana bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Kondisi ini dapat terjadi karena kerusakan organ dan komponen imunitas yang tidak bisa lagi bekerja dengan baik, serta akan kekurangan asupan antioksidan dan oksigen.

Hal tersebut juga kemungkinan besar disebabkan oleh kebiasaan merokok. Berikut ini adalah bahaya merokok bagi kesehatan, diantaranya seperti :

a) Kerusakan pada saluran penapasan

Kerusakan saluran pernapasan adalah efek rokok paling umum yang akan terjadi, sehingga menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

Racun yang terdapat pada rokok, memang dapat menyebabkan iritasi dan memicu lendir pada saluran pernapasan, hingga menyebabkan terjadinya infeksi pada tenggorokan dan paru.

Selain itu, infeksi juga bisa menjadi rentan terjadi karena asap rokok yang merusak silia yaitu rambut kecil pada saluran pernapasan yang berfungsi untuk menangkap debu.

Namun ketika paparan asap rokok semakin banyak, tentu semakin besar pula risiko infeksi tersebut menjadi lebih serius dan menyebabkan kerusakan pada rongga udara dan paru.

b) Memicu kondisi autoimun

Tak hanya pada saluran pernapasan saja, namun dampak rokok ini juga memicu kondisi autoimun.

Hal itu terjadi berawal dari kandungan racun tar dan karsinogen pada sebatang rokok, yang dapat membuat tubuh menjadi kurang efektif melawan peradangan.

Sistem imun yang melemah juga akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda, terutama memicu penyakit autoimun seperti multiple sclerosis dan rematik.

c) Menghambat aliran darah

Pada sebatang rokok, memang mengandung nikotin yang bisa membuat darah Anda menjadi lebih kental.

Kondisi ini tentu akan membuat nutrisi, oksigen dan mineral yang disebarkan melalui darah tidak bisa diserap banyak secara optimal oleh tubuh Anda.

Dampak dari rokok ini pula, tentu akan mengakibatkan peradangan pada bagian luar maupun organ dalam menjadi sulit dan lama untuk disembuhkan.

d) Jumlah antibodi yang berkurang

Efek rokok selanjutnya adalah bisa memasuki aliran darah, hingga dapat mengurangi jumlah antibodi dalam tubuh Anda.

Antibodi sendiri merupakan protein darah, yang berperan untuk mengurangi jumlah bibit penyakit tertentu. Sehingga akibatnya, perokok akan mengalami masa penyembuhan yang lebih lama.

e) Meningkatkan sel darah putih

Sel darah putih memang memiliki fungsi untuk melawan infeksi. Namun pada pecandu rokok, peradangan dan kerusakan yang akan terus terjadi akan menyebabkan sel darah putih meningkat.

Akibatnya, sel darah putih akan menjadi kurang responsif terhadap agen penyakit. Apabila hal ini terjadi dalam waktu yang lama, tentu akan meningkatkan risiko serangan stroke, kanker dan jantung.

f) Mengurangi kadar antioksidan

Antioksidan biasanya muncul dari kandungan vitamin C dalam darah dan berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta mampu memperbaiki kerusakan pada organ.

Namun amat disayangkan, mereka yang sering merokok malah akan membuat kadar antioksidan ini menjadi lebih sedikit.

Bahkan para perokok akan mundah sakit dan proses penyembuhan sakitnya akan cenderung lebih lama.


Cara Mengurangi Bahaya dan Menghentikan Kebiasaan Merokok

Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mencegah penurunan daya tahan tubuh. Saat Anda memulai untuk berhenti merokok, sebagian besar sistem kekebalan tubuhnya kembali membaik dengan sendirinya.

Meskipun begitu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi bahaya rokok terhadap kesehatan Anda. Seperti :

1. Memperbaiki pola makan

Tubuh memang memerlukan asupan nutrisi yang tinggi. Begitu dengan sang perokok, mereka memerlukan kebutuhan mineral dan vitamin yang dapat mempercepat pemulihan daya tahan tubuh.

2. Penuhi asupan vitamin D

Mengapa harus vitamin D? Pasalnya, vitamin D ini adalah suatu komponen penting untuk mempertahankan daya tahan tubuh.

Dan untuk mendapatkan asupan vitamin D ini, bisa Anda dapatkan pada buah, sayuran dan sinar matahari.

3. Hindari sumber penularan penyakit

Paparan penyakit infeksi memang dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari pola penularan yang sangat berisiko pada saat dirumah sakit atau kontak langsung bersama orang yang terkena infeksi.

Dan untuk mencegah penularan ini, sebaiknya Anda jaga kebersihan diri serta lingkungan.

4. Olahraga

Jika tubuh Anda aktif bergerak, mungkin saja akan membantu memperlancar sirkulasi oksigen. Sehingga dapat bermanfaat bagi fungsi jantung, memperkuat sistem imun dan pembuluh darah.

Selain melakukan hal-hal diatas, upaya untuk memberhentikan merokok bisa kamu lakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan.

1 Obat Berhentik Merokok yang bisa kamu temui di Apotik adalah VIPRO G EFF ORIG HANGER.

VIPRO G EFF ORIG HANGER

Apa itu VIPRO G EFF ORIG HANGER’?

VIPRO G EFF ORIG HANGER adalah salah satu obat apotik yang mengandung taurine 1,000 mg, vit C 1,000 mg, Epigallocatechin gallate 25,000 mcg dan Zn picolinate 25 mg sebagai antioksidan yang dapat digunakan untuk mencegah efek berbahaya dari polutan seperti rokok.

Antioksidan yang dikandungnya merupakan suatu kelompok molekul yang bisa mencegah oksidasi sel. Oksidasi sel ini dapat menyebabkan kerusakan sel, sehingga berakibat pada penyakit degeneratif.

Bila Anda pencinta rokok dan berkeinginan untuk memberhentikan kebiasaan buruk ini, cobalah untuk mengkonsumsi VIPRO G EFF ORIG HANGER sebanyak 1 tablet yang dilarutkan 1 ke dalam 150-200 mL air dingin dan konsumsilah 1-2 kali sehari.

Berapa harga obat ini? VIPRO G EFF ORIG HANGER di Apotik biasanya memiliki harga sebesar Rp 370,- / Strip (1 Dos isi 5 Strip x 2 Tablet).


Tak hanya obat itu saja, ternyata ada beberapa obat yang bisa kamu beli di Apotik untuk membantu menghentikan penggunaan rokok. Antara lain seperti :

DAFTAR OBAT BERHENTI MEROKOK

  1. CHAMPIX STARTER PACK
  2. EQUATE NICOTINE POLACLIREX LOZENGE
  3. RUGBY NICOTINE POLACLIREX GUM
  4. NICORETTE GUM
  5. REXALL NICOTINE GUM
  6. FISHERMAN’S FRIEND
  7. HOLY-HEALTH QUIT SMOKING STRIP
  8. HABITROL CHEWING GUM
  9. BERKLEY JENSEN NICOTINE GUM
  10. ZONNIC STOP SMOKING AID
  11. GO FRESS

CHAMPIX STARTER PACK

CHAMPIX STARTER PACK merupakan obat non-nikotin pertama, yang khusus digunakan oleh perokok aktif. CHAMPIX STARTER PACK mengandung Varenicline tartrate, sehingga dapat menghentikan untuk merokok pada orang dewasa secara alami.

Jika Anda berminat, Anda bisa membeli obat ini di Apotik dengan harga jual Rp 0,- / Pcs yang dikonsumsi sebanyak 1 mg dua kali sehari dan digunakan selama 1 minggu.


EQUATE NICOTINE POLACLIREX LOZENGE

EQUATE NICOTINE POLACLIREX LOZENGE adalah merek obat berbentuk permen yang bisa dijadikan sebagai pengganti rokok pertama Anda.

Umumnya sebatang rokok mengandung 8-20 mg nikotin, pada permen ini hanya mengandung nikotin sebanyak 2 mg saja. Jadi produk satu ini sangat-sangat membantu Anda untuk berhenti merokok secara bertahap.

Jika Anda salah satu perokok aktif, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi permen ini setiap 1-2 jam sekali pada minggu pertama.

Pada minggu ke 7-9 Anda dapat mengurangi dosis obat ini menjadi 1 permen setiap 2-4 jam. Kemudian bisa lanjutkan dengan 1 permen setiap 4-8 jam sekali dalam minggu 10-12.


RUGBY NICOTINE POLACLIREX GUM

Jika Anda perokok aktif yang sering menghabiskan sampai 20 batang atau lebih dalam sehari, cobalah untuk mengurangi rokok dengan mengkonsumsi RUGBY NICOTINE POLACLIREX GUM.

RUGBY NICOTINE POLACLIREX GUM adalah salah satu obat permen yang mengandung nikotin sebanyak 4 mg.

Bila rasa ingin merokok Anda kambuh kembali, segeralah untuk mengkonsumsi 1 butir RUGBY NICOTINE POLACLIREX GUM.

Permen ini mengandung rasa mint yang menyegarkan hingga dapat merendam rasa pahit di mulut akibat terbiasa merokok. Dan obat ini pula tidak mengandung gula hingga lebih aman untuk kesehatan gigi Anda.


NICORETTE GUM

Selanjutnya ada NICORETTE GUM. NICORETTE GUM ini adalah obat permen karet yang bisa menggantikan rokok.

Tiap perbutir obat ini mengandung 2 mg nikotin, sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi perokok aktif yang tidak lebih dari 20 batang sehari.

NICORETTE GUM hadir dengan rasa mint yang segar, sehingga akan membantu nafas Anda kembali segar juga loh. Yuk beli di Apotik !


REXALL NICOTINE GUM

Sementara REXALL NICOTINE GUM ini adalah obat permen yang mengandung 4 mg nikotin pada setiap butirnya. Permen ini, akan bekerja untuk meringankan kecanduan nikotin pada diri perokok aktif.

Selain itu, REXALL NICOTINE GUM ini memiliki rasa cooll mint yang dapat mengendalikan kecanduan diri terhadap rokok.

Namun ingat ya, bantulah dengan keinginan yang kuat untuk memberhentikan rokok ini dan kurangi pula dosis permen ini secara bertahap sampai Anda benar-benar berhenti.


FISHERMAN’S FRIEND

Merek obat permen satu ini memang cukup terkenal sebagai pengganti rokok dan dijamin akan membuat para perokok aktif, langsung ingin berhentik merokok lantaran kecanduan mengkonsumsi permen satu ini.

FISHERMAN’S FRIEND mempunyai variasi rasa, hingga para perokok aktif bisa memilih rasanya sesuai keinginan.

Yang terpenting, didalam FISHERMAN’S FRIEND ini mengandung mint kuat yang bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Cukup dengan menghisap sebutir permen ini, Anda bisa rasakan sendiri manfaatnya.


HOLY-HEALTH QUIT SMOKING STRIP

HOLY-HEALTH QUIT SMOKING STRIP hadir dengan bentuk strip, sehingga permen ini akan siap membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok secara bertahap.

Untuk pemula, Anda hanya mengkonsumsi 6 lembar permen sehari dan digunkan selama 4-5 bulan.

Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya diri Anda harus bisa mengendalikan keinginan untuk merokok ya.

Tak hanya berkhasiat untuk berhenti merokok, permen ini juga membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda lantaran tidak mengandung gula.


HABITROL CHEWING GUM

HABITROL CHEWING GUM juga bisa dijadikan sebagai pengganti rokok lainnya, karena didalamnya mengandung 2 – 4 mg nikotin.

Selain mengandung sedikit nikotin, HABITROL CHEWING GUM juga mengandung mint dan bebas gula hingga dapat menjaga kesehatan mulut agar lebih segar lagi.


BERKLEY JENSEN NICOTINE GUM

BERKLEY JENSEN NICOTINE GUM adalah permen karet yang mengandung nikotin sebanyak 4 mg nikotin. Permen ini, khusus diformulasikan untuk perokok yang ingin berhenti merokok.

Jika Anda ingin menggunakan obat permen ini untuk berhenti dari kebiasan merokok, cobalah untuk menjalani mengkonsumsinya selama 12 minggu saja sebagai terapi.


ZONNIC STOP SMOKING AID

ZONNIC STOP SMOKING AID adalah obat permen yang bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Mengapa bisa? Karena permen ini mengandung nikotin 2-4 mg yang dapat dijadikan sebagai obat pengganti rokok.

Bila Anda menginginkan permen ini untuk berhenti merokok, segera beli obat ini di Apotik terdekat Anda dan konsumsi dalam waktu 12 minggu saja.


GO FRESS

Obat perokok lainnya adalah GO FRESS. Mungkin permen ini bukan hanya ditemukan di Apotik, namun di supermarket lainnya GO FRESS dapat ditemukan dalam bentuk lembaran plastik.

Permen tipis ini memang dapat menghilangkan rasa pahit pada seorang perokok aktif. Selain itu, GO FRESS juga mampu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap dan dapat dikonsumsi oleh perokok pasif dan anak-anak.


Demikian ulasan 1 Obat Berhenti Merokok di Apotik yang bisa kamu manfaatkan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu pengetahuan Anda dan semoga berhasil 🙂

Posted by : TamilServices.com

Konsultasikan Disini!!