7 Makanan Kekinian yang Bisa Memicu Diabetes

7 Makanan Kekinian yang Bisa Memicu Diabetes – Selain rasa, penampilan makanan sudah menjadi salah satu faktor penting untuk membuat orang tertarik ingin membelinya. Kalau rasanya enak dan tampilannya menarik, tentu sudah bisa dipastikan bakal laris manis.

7 Makanan Kekinian yang Bisa Memicu Diabetes

Tapi nyatanya, tidak semua makanan kekinian dibilang sehat lho. Kebanyakan, justru mengandung pemanis buatan dengan kadar yang cukup tinggi. Alhasil, risiko diabetes akan semakin mengancam didepan mata.

Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogorn yaitu Ali Khomsan, mengatakan jika tiap orang dianjurkan mengkonsumsi gula hanya 50 gram perhari. Nah berhubungan dengan ini, kira-kira makanan atau minuman kekinian apa saja yang bisa berisiko menyebabkan diabetes? Lihat jawabannya dibawah ini.

7 Makanan Kekinian yang Bisa Memicu Diabetes

1. Es kepal milo

Milo sendiri, memang sudah mengalami proses pengolahan susu yang diberi pemanis buatan. Minuman yang diubah menjadi olahan kekinian ini akan ditambahkan susu kental manis, cokelat, kacang dan topping lainnya. Hal ini, tentu akan memperbanyak kandungan gula didalamnya dan bisa menyebabkan risiko diabetes.

2. Ayam geprek

Berbagai varian ayam geprek, saat ini cukup populer disepanjang tahunnya. Sepintas memang tidak ada masalah, karena ayam geprek ini memiliki rasa yang enak dan bikin ketagihan.

Tapi tahukah Anda? nasi yang sering disantap bersama ayam geprek ini adalah salah satu makanan yang paling banyak orang Indonesia mengalami diabetes.

Mengkonsumsi nasi dalam porsi yang berlebih, tentu dapat meningkatkan risiko diabetes hingga 11%. Belum lagi, kalau Anda yang sering menambah porsi nasi dan menyantapnya bersama kerupuk yang terbuat dari tepung terigu. Dan kedua makanan tersebut, bisa membuat gula darah cepat naik karena mudah dicerna.

3. Jus mangga

Memang tidak ada salahnya, dengan mengkonsumsi mangga menjadi jus. Tetapi yang menjadi masalah, ketika jus mangga ditambahkan pemanis, aneka topping, whipped cream, susu dan lain sebagainya.

Padahal, tubuh kita hanya memerlukan kandungan gula sebanyak 50 gram perhari. Dan jika lebih, tentu akan berisiko pada penyakit diabetes.

4. Mango sticky rice

Selain jus manggo, olahan manggo kekinian selanjutnya adalah mango sticky rice. Makanan ini biasanya diolah dengan bahan utama seperti daun pandan, garam, mangga, santan kentan, gula pasir dan ketan putih.

Meski terkesan baik-baik saja, sebenarnya dalam satu porsinya mengandung 54% karbohidrat, 34% lmak dan 12% protein. Dan kandungan tersebut, bila sering disantap lebih tiap hari tentu akan meningkatkan gula dalam darah.

5. Thai tea

Siapa yang tak tahu dengan minuman Thai tea? Thai tea masih menjadi salah satu pilihan favorit untuk menghilangkan dahaga. Namun sayangnya, dalam satu porsi minuman Thai tea ini mengandung asupan gula tinggi yang diperoleh dari susu kental manis dan gula pasir.

Selain itu, minuman ini mengandung 66% karbohidrat dan 24% lemak. Menurut penelitian, menunjukan apabila tubuh kelebihan kadar lemak sebanyak 40 gram dalam sehari tentu risikonya dapat meningkat 3x lipat untuk menderita diabetes.

6. Donat indomie

Dalam porsi yang sama, jumlah kalori pada mie ternyata lebih besar dibandingkan dengan nasi putih. Dalam satu bungkus indomie goreng, jika dikonsumsi akan menyumbang sekitar 420 kalori. Bahkan jika Anda membuatnya menjadi donat indomie, kamu akan mengkonsumsi 1000-an kalori perporsinya.

Sedangkan kebutuhan kalori pada seorang pria, diperkirakan sebanyak 2500 dan wanita sebanyak 2000 perhari. Dan bayangkan, jika kamu sering mengkonsumsinya berat badan kamu akan semakin bertambah dan mampu meningkatkan risiko diabetes.

7. Cheese tea

Cheese tea atau teh keju, memang cukup menarik perhatian dikalangan millennials. Bahkan kandungan gula pada milktes saja sudah cukup banyak, yaitu sekitar 31 gram.

Lalu bagaimana dengan Cheese tea atau teh keju ini? Menurut Health Committee Nutrifood, kandungan gula pada minuman kekinian seperti Cheese tea ini. Dikategorikan sebagai minuman consist of loaded sugar and fat from cheese cream, yang bisa meningkatkan asupan gula dalam tubuh dengan cepat.

Pada dasarnya, 7 Makanan Kekinian diatas tidak ada salahnya untuk dikonsumsi. Namun kamu hanya perlu mengatur pola makanan, istirahat, olahraga teratur dan menghindari stres untuk mencegah lonjakan kadar gula semakin tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat dari pecinta sehat 🙂

Posted by : tamilservices.com

Konsultasikan Disini!!